Jember, 8 Februari 2025

Fakultas Teknik Universitas Jember berupaya untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas, mudah, cepat, dan transparan. Untuk mewujutkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2025 Mengadakan kegiatan Workshop Strategi Pencapaian Kinerja Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jember yang di selenggarakan pada hari Sabtu 8 Februari 2025.

Workshop diadakan di Hotel Grand Valonia Jember Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember Dr. Ir. Triwahju Hardianto, S.T., M.T . Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi, Penyederhanaan prosedur pelayanan sebagai wujut komitmen Peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencapai ZI-WBK dan WBBM.

Materi ZI-WBK WBBM Membangun Budaya Kerja Berintegritas di Lingkungan Pendidikan Tinggi dengan Narasumber: Muhammad Ali Akbar, S.E., MBA. Sekretaris II Tim Reformasi Birokrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). yang di Moderatori oleh Ir. Welayaturromadhona, S.Si., M.Sc. Ketua GPM Fakultas Teknik Universitas Jember.

Untuk mencapai predikat ZI, instansi pemerintah harus memenuhi enam area perubahan yang merupakan pilar-pilar pembangunan ZI, yaitu:

  1. Manajemen Perubahan

    Area ini bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir, serta budaya kerja individu pada unit kerja yang dibangun menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran reformasi birokrasi.

  2. Penataan Tata Laksana

    Area ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur.

  3. Penataan Sistem Manajemen SDM

    Area ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM melalui sistem rekrutmen, pengembangan, penilaian kinerja, dan promosi yang berbasis pada kompetensi dan merit system.

  4. Penguatan Akuntabilitas Kinerja

    Area ini bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah melalui penetapan indikator kinerja yang jelas, pengukuran kinerja yang akurat, dan evaluasi kinerja yang transparan.

  5. Penguatan Pengawasan

    Area ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan internal dan eksternal terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

  6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

    Area ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penyederhanaan prosedur, peningkatan kecepatan dan ketepatan pelayanan, serta peningkatan kepuasan masyarakat.

Penanda tanganan Komitmen Bersama

Materi ke dua Pengelolaan Pelayanan Prima Bidang Umum dan BMN dengan Fasilitator Ir. Anik Suwandari, M.P., CPIA., CHRM., Divisi BMN SPI Universitas Jember. yang di Moderatori oleh Yuyun Kurniawati, S.T. Wakoorbid Pokja Umum dan BMN Fakultas Teknik Universitas Jember.

Materi ke tiga Pengelolaan Pelayanan Prima Bidang Keuangan Fasilitator: Dr. Ir. Krisnamurti, M.T., CPIA., CRP., CHRM., Sekretaris SPI Universitas Jember. yang di Moderatori oleh Abdul Wasis, S.Sos, Wakoorbid Pokja Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Teknik Universitas Jember.

Materi ke empat Pengelolaan Pelayanan Prima Bidang Kemahasiswaan Fasilitator: Jarkasi, S.Sos, Koordinator Pokja Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember. yang di Moderatori oleh Yuliar Bastian K., S.H., M.M. Kepala Bagian Umum Fakultas Teknik Universitas Jember

Diskusi Peserta Workshop