Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) menyelenggarakan kegiatan yang bernama “Temu Wicara Nasional ke XXIX ”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 21 Oktober 2018 di Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat. FKMTSI TWNas adalah acara tahunan dari FKMTSI Nasional yaitu kegiatan kongres untuk pemilihan koordinator umum FKMTSI dan sebagai ajang untuk mencari informasi serta pengetahuan yang lebih luas tentang ilmu ketekniksipilan. Teknik Sipil Universitas Jember mengirimkan 1 delegasi yaitu Muhammad Fatkhur Rohman, Teknik Sipil Angkatan 2016.

Tujuan dari kegiatan ini  adalah untuk memberikan pandangan terhadap mahasiswa teknik sipil tentang bagaimana cara menjalankan persidangan atau kongres yang sebenarnya saat kita di lapangan. Rangkaian kegiatan dari FKMTSI TWNas dimulai dari dialog asosiasi, seminar nasional,  sarahsehan, civil expo, kongres dan kunjungan wisata kontruksi ke Masjid Raya Padang, kemudian dilanjutkan kunjungan sejarah di museum yang ada di Padang.

 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara Temu Wicara Nasional dengan dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono dan Bupati Padang serta Rektor dan Dosen Universitas Bung Hatta. Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan acara Dialog Asosiasi yang bertemakan “Kompetensi Sarjana Teknik untuk Pembangunan Indonesia Melalui Jasa Kontruksi” dan dilanjutkan Seminar Nasional tentang Analisis Gempa yang ada di Palu, Donggala sebelum membangun bangunan di daerah yang rawan gempa dan likuifaksi. Dalam seminar nasional ini setiap peserta diberikan materi tentang pembangunan sebuah gedung di daerah rawan gempa dan likuifaksi. Peserta FKMTSI TWNas dipandu langsung oleh para ahli dan peneliti gempa dari Jakarta dan Padang. Disana dijelaskan tentang bagaimana membangun sebuah bangunan yang tahan gempa dan kuat akan di struktur bangunan itu sendiri. Dan tidak lupa juga diberikan ilmu dan teori tentang sheerwall dan sistem rangka pemikul momen menengah.

Setelah kegiatan seminar nasional dilanjutkan acara kongres untuk membahas APPAP dan juga sistem pemilihan koordinator umum FKMTSI Nasional. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kita bisa bisa belajar tentang sistem kongres nasional dan cara menyampaikan pendapat diantara perbedaan setiap karakter manusia. Dan tidak lupa kita juga disana juga bisa sharing antara universitas lain yang ada di setiap wilayah di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *