Pelatihan Mountain (Vertical) Rescue ini diselenggarakan oleh organisasi SAR OPA Jember dengan nama kegiatan Latihan Gabungan Vertical Rescue SAR OPA Jember yang bertempat di kantor BASARNAS Pos Jember, kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 13 – 15 April 2018. Peserta dari pelatihan ini yaitu delegasi dari organisasi dan komunitas yang berkecimpung di dunia pecinta alam yang ada di Jember dan sekitarnya, total pesertanya sebanyak 40 peserta, dari MAHADIPA sendiri mendelegasikan satu anggotanya yaitu Shahwali Shalahuddin Bariklana mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2016.

Vertical Rescue adalah bagian dari operasi SAR dengan Teknik Evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) objek (baik barang maupun manusia/korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/terjal baik kering maupun basah. Vertical rescue merupakan salah satu bentuk kegiatan teknis penyelamatan korban yang paling berbahaya. Tingkatan pelatihan, kerjasama tim dan komitmen individu merupakan hal yang terpenting yang diperlukan untuk pemulihan korban yang terjebak dalam lingkungan vertikal. Prosedur dari operasi vertical rescue ini sendiri harus sesuai dengan standar operasi yang berlaku (tidak sembarangan), dan perlengkapan operasinya harus mempunyai tingkat safety yang tinggi.  Aplikasi Vertical Rescue selain digunakan dalam evakuasi SAR, rock climbing dan caving, juga digunakan oleh para pekerja tambang, pekerja ketinggian, pemadam kebakaran dan pastinya digunakan oleh kalangan Militer untuk kebutuhan-kebutuhan taktis.

Materi yang dipaparkan dalam pelatihan ini yaitu meliputi Materi Dasar SAR, Materi Dasar Vertical Rescue, Lowering & Lifting, Ascending & Descending, Simpul, dan Management Tandu. Materi – materi tersebut merupakan materi dasar yang perlu dikuasai untuk melakukan kegiatan vertical rescue, hari pertama dan kedua para peserta diajarkan dengan materi seperti yang disebutkan diatas, sedangkan hari ketiga merupakan praktek dari materi yang telah disampaikan. Kegiatan ini pun juga diliput oleh media cetak setempat.

Demikian artikel dari kami mengenai Pelatihan Montain (Vertical) Rescue 2018, semoga wawasan dan pengetahuan kita dibidang Search and Rescue (SAR) dapat bertambah, berkembang, dan tentunya dapat menerapkannya di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *