Fotografi saat ini semakin banyak digandrungi oleh banyak kalanggan, khususnya anak muda yang berjiwa seni dalam hal menangkap gambar melalui media kamera dengan berbagai genre. Kebutuhan dalam mengekspresikan ke dalam bentuk seni menjadi salah satu minat yang mampu melahirkan bakat hingga bersifat komoditas pada waktu yang singkat

JFMI adalah singkatan dari Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia dimana memberi ruang sebagai ajang silaturahmi antar komunitas atau organisasi mahasiswa dibidang fotografi  dari berbagai kota di indonesia yang kerap menjadi acara tahunan dengan kota yang berbeda disetiap tahunnya. JFMI telah terealisasikan dari 10 kota yang berada antara lain Yogyakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Lombok, Lampung, Makasar, Solo, Cirebon dan Ternate. Memasuki JFMI XI ini, Jember telah dipecaya sebagai tuan rumah selanjutnya dari hasil Musyawarah Nasional Forum JFMI X di kota Ternate. Dengan kota Jember yang telah di beri kepercayaan sebagai tuan rumah, hal ini mampu menjadi sarana dalam hal meningkatkan eksistensi kebudayaan serta pariwisata yang ada di Jember ini dalam kancah Nasional.

Acara ini dipanitiai oleh ormawa atau komunitas dari Jember sendiri antara lain UKMS Kolang Kaling, UKMK Unej, UKM Etalase, Af-s dan Hastag. JFMI ini dilaksanakan bertujuan agar organisasi atau komunnitas mahasiswa fotografi se-indonesia agar lebih akrab, memberi ruang silahturahmi dan memperkuat relasi maupun jaringan ke dalam bentuk persaudaraan, Sebagai sarana eksistensi kebudayaan dan pariwisata Jember dan Apresiasi dengan memberi ruang dalam pengembangan referensi ilmu fotografi terhadap sesama pencinta fotografi.

Pada JFMI ini dilaksanakan selama 3 hari dan ada beberapa kegiatan dalam JFMI ini antara lain seminar fotografi yang di laksanakan pada 1 September 2018, Bazar produk UMKM pada 1-2 September 2018, Hunting dan jelajah wisata edukasi pada 1-3 September 2018, Lomba fotografi pada 1-3 September 2018, Pameran fotografi pada 1-3 September 2018, Hiburan musik pada 3 September 2018, Penetapan JFMI XII 2019 pada 2 September 2018.

Pada hari pertama pada kegiatan JFMI ini adalah pembukaan, pemutaran vidio testimoni rektor Universitas Jember, penampilan tarian lah bako, penampilan tarian petik kopi, penampilan karawitan dari UKM Kesenian Universitas Jember, seminar fotografi dan pembacaan jukiak dan juknis lomba fotografi yang dilaksanakan di gedung Soetarjo. Setelah itu kita menuju Pantai Papuma dan melakukan hunting.

Pada hari kedua  lokasi yang di tuju Tanoker ledokombo, pasar lumpur dan gudang pengeringan tembakau disana peserta melakukan outbon dan hunting bersama. Kemudian menuju pameran dan bazar produk UMKM. Dan setelah itu melakukan musyawarah nasional untuk menentukan tuan rumah JFMI XII.

Pada hari ke tiga lokasi yang di tuju adalah pabrik cerutu, pabrik koka dan disana peserta melakukan tour wisata dan hunting pembuatan cerutu. Pada akhir acara ada pengumpulan foto hunting, penampilan band UKM Kesenian universitas Jember dan UKMF, penampilan tarian jember sparkling, pengumuman pemenang lomba foto dan pengumuman tuan rumah JFMI XII.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *