Intensive Day for Maba (IDM) merupakan kegiatan pengenalan jurusan Teknik Elektro Universitas Jember. Kegiatan ini merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) yang memiliki tujuan untuk mewujudkan mahasiswa baru Teknik Elektro yang memiliki sikap sopan santun, tanggung jawab, loyal, disiplin, kreatif, inovatif, solutif, kritis, dan peduli terhadap warga Elektro serta memacu mahasiswa baru dibidang akademik. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 7 Oktober 2018 di Fakultas Teknik dan tanggal 13 Oktober 2018 di Laboratorium Fakultas Teknik yang berada di daerah Patrang Jember.

Kegiatan Intensive Day For Maba (IDM) 2018 dimulai pada tanggal 7 Oktober 2018 yang berlangsung di Fakultas Teknik Universitas Jember. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.00  dengan melakukan briefing dan registrasi  yang bertempat di halaman gedung B Fakultas Teknik Universitas Jember. Sebelum kegiatan resmi dimulai diadakan upacara pembukaan IDM 2018 sekaligus untuk membuka kegaiatan IDM 2018 secara simbolis. Upacara pembukaan diikuti oleh seluruh Mahasiswa baru Teknik Elektro dan dibuka oleh ketua Jurusan Teknik Elektro, yaitu bapak Bambang Sri Kaloko ST, MT. Setelah upacara selesai, mahasiswa baru sarapan bersama di halaman gedung B Fakultas Teknik dengan menu nasi teknik yang sudah dibawa oleh masing-masing mahasiswa baru. Pada hari pertama mahasiswa baru diberi beberapa materi, yaitu materi tentang pengenalan Jurusan Teknik Elektro yang disampaikan oleh Bu Ike Febriani, ST, MT selaku perwakilan dari Jurusan Teknik Elektro. Untuk materi kedua yaitu materi tentang FKHMEI yang disampaikan oleh  Avip Zain Haq selaku ketua FKHMEI Regional IV dan merupakan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro angkatan 2015. Kegiatan selanjutnya setelah materi adalah ISHOMA. Makan siang bersama dan sholat berjama’ah untuk melatih kebersamaan, kekeluargaan, dan rasa peduli. Kemudain untuk kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi Karya Tulis Ilmiah ( KTI) oleh Malikul Fanani dari Jurusan Teknik Elektro ankatan 2015, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh komunitas di Jurusan Teknik Elektro, yaitu komunitas PORCOM, ELCO, ITCOM, JET, dan Sistem Kendali. Setalah itu dilanjtkan dengan kegiatan  evaluasi dan motivator. Kemudian dilanjut dengan apel penutupan yang dilaksanakan di halaman depan gedung B Fakultas Teknik. Total mahasiswa yang hadir adalah 110 mahasiswa. Sakit sebanyak 7 mahasiswa, ijin sebanyak 1 mahasiswa, dan tanpa keterangan sebanyak 25 mahasiswa.

Kegiatan Intensive Day For Maba (IDM) 2018 hari kedua dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2018 yang berlangsung di Laboratorium Fakultas Teknik Univeristas Jember, Patrang. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.00  dengan melakukan registrasi  yang bertempat depan Mushola. Kemudian dilanjut dengan, mahasiswa baru sarapan bersama di Parkiran depan laboratorium Teknik Sipil dengan menu nasi teknik yang sudah dibawa oleh masing-masing mahasiswa baru. Pada hari kedua mahasiswa baru diberi materi pengenalan Laboratorium oleh beberapa Asisten Laboratorium yang terdiri dari laboratorium Komputer dan Jaringan, Sistem Kendali, Sistem Tenaga, Konversi Energi Listrik, Listrik Dasar, Telekomunikasi, dan Elektronika dan Terapan. Setelah materi pengenalan Laboratorium selesai dilanjut dengan ISHOMA. Untuk kegiatan sholat berjamaah dilakukan di masjid di Patrang. Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu Ramah tamah bersama panitia yang dilakukan di halaman sebelah parkiran Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan ini terdiri dari penampilan dari setiap kelompok dan dilanjut dengan perkenalan dari setiap panitia dan maba. Kemudian setelah ramah tamah selesai dilanjut  dengan kegiatan evaluasi dan motivator dan dilanjutkan dengan penutupan dan kemudian absensi. Total kehadiran Mahasiswa baru yaitu sebanyak 113 mahasiswa, ijin sebanyak 3 mahasiswa, sakit sebanyak 6 mahasiswa, dan tanpa keterangan sebanyak 5 mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *