Hari Bumi Merupakan kegiatan tahunan yang dilakukkan UKM MAHADIPA (Mahasiswa Divisi Pecinta Alam) gunu menjaga lingkungan. Bagi UKM Pecinta Alam Hari bumi adalah Hari perayaan yang harus dilaksanakan dengan kegiatan yang berdampak baik bagi alam. Adapun Kegiatan hari bumi ini UKM MAHADIPA bersama UKM Pecinta alam yang ada dijember melakukkan kegiatan bersih bersih sungai bedadung sekaligus melepaskan bibit ikan air tawar.

Sungai bedadung merupakan sungai terbesar dan terpanjang di jember, maka dari itu perlu perhatian khusus terutama dalam pembersihannya. Pada kegiatan kali ini, sampah yang dikumpulkan cukup banyak, menandakan bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat jember terhadap kebersihan lingkungan.  Kegiatan juga berlangsung dengan kondusif dimana semua peserta turut bahu membahu dalam membersihkan sungai.

Pelepasan bibit ikan bertujuan untuk menghidupkan kembali ekosistem ikan di sungai bedadung, karena dengan banyaknya ikan (dengan jenis tertentu) di sungai tersebut bisa menjadi indikasi kebersihan sungai. Ada kejadian lucu disini, dimana ada anggota pecinta alam lain yang justru membawa ikan lele dewasa bukannya bibit ikan, cukup membuat para peserta tertawa karena memang yang dianjurkan adalah bibit ikan.

Kegiatan berjalan lancar, mulai dari bersih bersih sungai, pelepasan bibit ikan dan ada juga pertunjukan poster kreatifitas dari setiap peserta yang ikut kegiatan ini, poster dengan tema “Peduli Alam” yang dibawakan oleh masing masing peserta menarik dan memiliki makna tersendiri yang semua tertuju agar masyarakat lebih peduli lagi terhadap lingkungan sekitar untuk memperlambat kerusakan lingkungan kita yang tercinta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *