Profil
Jurusan Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan pada Program Studi Teknik Universitas Jember berdiri sejak tahun 1999.
Terdiri dari 3 (tiga) Program Studi, yaitu Program Studi D3 Teknik Mesin, Program Studi S1 Teknik Mesin dan Program Studi S1 Teknik Kimia.
Didukung oleh 28 orang staf pengajar, staf pendukung dan fasilitas 7 ruang laboratorium.
Jurusan Teknik Mesin mencanangkan visi, misi yang senantiasa mengikuti tuntutan dan perkembangan dunia industri dan masyarakat.
Program Studi Teknik Mesin lahir dalam rangka mencetak SDM yang siap mengelola potensi Jember dan Indonesia Timur sebagai wilayah agraris dan maritim untuk bersaing di era globalisasi.

Kurikulum
Matakuliah yang diberikan mempunyai keahlian pada manufaktur kemasan yang meliputi;
kurikulum nasional 66%,
keahlian manufaktur sebesar 30%
dan untuk memenuhi minat mahasiswa di tawarkan matakuliah pilihan sebesar 15%
meliputi matakuliah material, konversi energi, desain atau kontrol. Keahlian manufaktur kemasan, merupakan relevansi dan kompetensi keahlian teknik mesin dengan lingkungan agroindustri.
Matakuliah yang ditawarkan sebagai berikut:
Selama masa studi, mahasiswa diberi wadah berupa Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Jember, sebagai ajang mengembangkan minat terhadap keorganisasian, penelitian, serta kegemaran.
Beberapa kegiatan yang sudah menjadi rutinitas tahunan adalah: Engine Tune Up, Water Rocket Contest, Go Kart Race, mobil irit (ethanol dan solar).

Baca Selengkapnya di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember