Pada tanggal 7 Maret 2019, UNS mengadakan kegiatan Festival Ilmiah Mahasiswa. Banyak berbagai bidang lomba yang diselenggarakan, antara lain infografis, essay, pameran peelitian, dan karya ilmiah. Dan semua bidang lomba-lomba tersebut, dilaksanakan pada tingkat nasional. Tim TM UNEJ yang diketuai oleh Luluk Ftiri Yani dan anggotanya Faradin Adyatama, berkesempatan untuk mengikuti salah satu bidang perlombaan yaitu karya ilmiah dengan judul “Mible Savonius: Inovasi Alat Micro Bubble Generator Menggunakan Turbin Angin Savonius Sebagai Sarana Mempercepat Pertumbuhan Udang Vannamei.”

Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 tim yang tersebar berbagai perguruan tinggi Negeri dan Swata yang ada di Indonesia. Dalam hal ini akan diseleksi yang masuk babak finalis sebanyak 10 tim sebagaimana terdiri dari Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Diponegoro, Universitas Mulawarman, Universitas Jember, Universitas Brawijaya, Universitas Ahmad Dahlan, Institut Teknologi Bandung, Universitas Lampung dan Universitas Gajah Mada di Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tanggal 7 Maret sampai tanggal 10 Maret 2019. Pada tanggal 7 Maret 2019 pukul 05.00 berangkat menuju kota Surakarta dengan menggunakan kereta Ranggajati kemudian tiba di Surakarta 13.26, tim Universitas Jember disambut dengan baik setibanya di Universitas Sebelas Maret. Kemudian kami melakukan chek-in penginapan yang telah disediakan oleh panitia dari FILM 2019.

Rangkaian yang pertama ialah Pelaksanaan Technical Meeting pada pukul 19.30 pada tanggal 7 Maret 2019, dilaksanakan di Aula Penginapan (KPRI UNS). Acara puncaknya adalah keesokan harinya, tanggal 8 Maret 2019 yaitu dilaksanakannya sesi presentasi. Dalam kesempatan ini universitas Jember berkesempatan memaparkan pada urutan ke-8. Sesi presentasi disediakan waktu 2 menit persiapan, 10 menit presentasi dan 13 menit pertanyaan. Sesi presentasi tersebut di hadiri oleh 3 juri dengan background skill yang berbeda. Pukul 15.45 WIB sesi presentasi selesai, kepada semua peserta dipersilahkan isoma dan kegiatan pribadi.

 

Pada tanggal 9 Maret 2019 dilakukan city tour yaitu mengunjugi museum tumurun, keraton Solo dan ke Pasar Klewer. Kemudian setelah rangkaian tersebut selesai peserta SEMAR LKTIN 2019 kembali ke tempat penginapan (KPRI UNS) dan pada malam harinya pukul 20.00 wib dilaksanakan gala dinner di Kelurahan Pucangsawit  Jebres dan selesai pukul 22.00 wib dan kembali ke penginapan.

Pada tanggal 10 Maret pukul 08.00 WIB dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional, disini dilakukan beberapa penjelasan bersama Pemateri secara terbuka antar finalis Semar LKTIN 2019 dan mahasiswa umum, dengan tujuan utama adalah melakukan Pemberian materi dengan tema peran generasi milenial sebagai agent of repair di era disrupsi dan dilanjutkan dengan acara pengumuman pemenang dalam perlombaan Semar LKTIN 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *