Bali – Sebanyak 116 mahasiswa Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jember angkatan 2017 telah melaksanakan kunjungan ke tiga perusahaan di Bali dalam rangka studi ekskursi pada tanggal 16-20 September 2019. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa didampingi oleh 4 dosen yakni H.R.B Moch. Gozali, S.T., M.T, Dr. Bambang Sri Kaloko, S.T., M.T, Catur Suko Sarwono, S.T., M.Si, dan Gamma Aditya Rahardi, S.T., M.T.

            Pada hari pertama (17/10), rombongan mahasiswa dan dosen mengunjungi PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali yang terletak di Denpasar. Para mahasiswa dan dosen sampai pada pukul 09.00 WITA dan disambut hangat oleh pihak PT. Indonesia Power di hall perusahaan tersebut. Setelah itu perwakilan dari PT. Indonesia Power memberikan presentasi tentang apa itu Indonesia Power (UP) Bali, cara pembangkitan listrik di sana, dan bagaimana mereka mendistribusikan listrik hingga ke konsumen. Presentasi berjalan dengan baik dan mahasiswa pun antusias dalam berdiskusi serta memberikan pertanyaan. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama di depan hall PT. Indonesia Power (UP) Bali.

Kunjungan dilanjutkan di hari kedua (18/10), kali ini rombongan mahasiswa dan dosen Teknik Elektro UNEJ mengunjungi BMKG Bali yang berlokasi di Kab. Badung, Bali. Sampai pada pukul 09.00 WITA, rombongan langsung disuguhkan oleh presentasi menarik dari para perwakilan BMKG. Presentasi ini terdiri dari penjelasan tentang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

            Setelah mengikuti presentasi dan diskusi, para mahasiswa diajak untuk melihat-lihat peralatan dan sistem yang dimiliki oleh BMKG Bali, seperti pemodelan untuk mendeteksi gempa, alat pendeteksi arah angin, sistem peramalan cuaca, dan lain-lain. Acara diakhiri dengan foto bersama dan pengisian kuisioner oleh mahasiswa.

 

 

 

 

 

 

Di hari ketiga (19/10), mahasiswa dan dosen Teknik Elektro UNEJ melanjutkan kunjungan ke PT. CCAI. Tiba di tempat pada pukul 09.00 WITA, rombongan langsung diarahkan ke ruang presentasi PT. CCAI. Di sini para mahasiswa mendapatkan materi tentang perjalanan sejarah PT. CCAI, produk-produknya, hingga proses pembuatan produk itu sendiri. Setelah itu, para mahasiswa dan dosen juga dipersilahkan untuk melihat langsung proses produksi dari beberapa produk PT. CCAI. Pada sesi ini mahasiswa juga berkesempatan melihat alat-alat berteknologi tinggi yang dimiliki oleh PT. CCAI. Sama seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya, kunjungan di PT. CCAI juga diakhiri dengan foto bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *