Seminar dan Bazar Kewirausahaan untuk Mahasiswa Baru Teknik Kimia merupakan sebuah program kerja dari divisi kewirausahaan Club Istimewa Teknik Kimia dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Mesin. Seminar Kewirausaahaan diadakan pada tanggal 7 Oktober 2018 dan bertempat di Gedung Rektorat Lantai 3 Univesitas Jember. Seminar dan Bazzar kewirausahaan diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa baru teknik kimia mempunyai jiwa entrepreunership. Entrepreneurship atau kewirausahaan, jika ditinjau dari maknanya secara sederhana, adalah tindakan menjadi seorang wirausaha (entrepreneur). Entrepreneur sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang berarti “orang yang melakukan suatu usaha (bisnis)” yaitu kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.

Sesi tanya jawab mengenai kewirausahaan dengan pemateri dari CEO Puasin Jember yaitu, Tantri Wulandari Seobroto. Mbak Tantri sendiri merupakan mahasiswa Universitas Jember Fakultas Pertanian tetapi menggeluti bisnis jasa kue untuk seminar dan lainnya. Tidak sedikit mahasiswa baru teknik kimia yang tertarik dengan seminar kewirausahaan. Pengangguran dewasa ini semakin hari semakin bertambah, dikarenakan tidak cukupnya lapangan pekerjaan serta pendidikan yang rendah sehingga memicu terbentuknya usaha-usaha kecil menengah. Berwirausaha kini menjadi tengah menjadi trend dikalangan muda mudi Indonesia. Dengan modal usaha yang kecil dan skill untuk mengelola usaha mumpuni dapat menghasilkan profit yang cukup menjajikan. Salah satu usaha pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran adalah menciptakan lapangan kerja yang bersifat padat karya. Namun kalangan orang berpendidikan cendurung tidak tertarik dengan pekerjaan ini (bersirausaha), minat mereka bekerja di kantoran atau perusahaan lebih tinggi. Semakin tinggi pendidikan mereka semakin besar keinginan mereka untuk menduduki kursi kantoran dengan jabatan yang tinggi. Mereka tidak berani mengambil risiko besar seperti berwirausaha.   

Output dari seminar kewirausahaan diatas adalah bazar kewirausahaan. Bazar kewirausahaan diadakan pada tanggal 14 Oktober 2018 di depan lapangan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember. Produk yang dibazarkan merupakan produk buatan mahasiswa baru teknik kimia 2018 sendiri. Mahasiswa baru diberi modal sebesar Rp. 50.000,00 dan harus mengembalikan modal jika keuntungan yang dihasilkan melebihi modal yang diberikan. Selain untuk melatih jiwa kewirausahaan acara bazar teknik kimia ini juga bisa menambah rasa kekompakan dan solidaritas dari mahasiswa baru agar saling mengenal satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *