Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kontes Robot Indonesia ini diikuti oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat dalam Kemenristekdikti seluruh Indonesia.

Kontes Robot Indonesia dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap Regional dan tahap Nasional dikarenakan jumlah Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang berpartisipasi sangat banyak oleh karena itu KRI dibagi menjadi dua tahap. Tahap yang pertama yaitu Regional, pada Regional 1 di selenggarakan pada tanggal 4 s.d 6 April 2019 di Universitas Teknokrat Indonesia Bandar Lampung, Regional 2 diselenggarakan pada tanggal 2 s.d 4 Mei di Institut Teknologi Nasional Bandung, Regional 3 diselenggarakan pada tanggal 25 s.d 27 April 2019 di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, dan pada Regional 4 diselenggarakan pada tanggal 21 s.d 23 April 2019 di Universitas Mataram.

Pada Regional 4 yang diselenggarakan pada tanggal 21 s.d 23 April 2019 di Universitas Mataram. Robotika Teknik Universitas Jember belum berhasil meraih gelar juara di Kontes Robot Indonesia. Pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki berada dalam 19 besar, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda berhasil lolos dalam 8 besar, serta pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) berhasil lolos dalam 16 besar. Sayangnya di tahun 2019 ini Robotika Teknik Universitas Jember belum meraih juara. Akan tetapi sebuah kegagalan tidak akan menyurutkan semangat tim dalam berproses, Tim Robotika Universitas Jember akan memperbaiki dan akan meraih juara pada event Kontes Robot Indonesia tahun depan.

Hasil dari Kontes Robot Indonesia pada Tingkat Regional 4 yang diselenggarakan di Universitas Mataram pada divisi KRAI juara 1 diperoleh Politeknik 17 Agustus Surabaya, juara 2 diperoleh Politeknik Negeri Jember, dan juara 3 diperoleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pada divisi KRPAI juara 1 diperoleh Universitas Muhammadiyah Malang, juara 2 diperoleh Universitas Brawijaya, dan juara 3 diperoleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pada divisi KRSBI juara 1 diperoleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember , juara 2 diperoleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan juara 3 diperoleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *