Pemaparan program kerja BEM selama satu periode kedepan telah selesai dipaparkan kepada Anggota BPM pada tanggal 17-21 April 2018.Pemaparan tersebut berjalan lancar selama 5 hari pelaksanaan dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.Pada tanggal 17 April 2018 departemen kajian strategi dan advokasi (Kastrad), dan Biro personalia, pemaparan dilakukan pada jam 19:00 sampai 21:00 WIB.Hasil dari pemaparan tersebut yaitu:

Personalia

  1. Staff Magang pada BEM FT UNEJ 2018 dilakukan pembekalan berupa praktek langsung berdasarkan biro/ departement yang dituju. Kemudian setiap minggu dilakukan pembekalan materi untuk pengetahuan biro/ department non yang dituju
  2. Penilaian staff terbaik berdasarkan rekap kehadiran rapat rutin, rekap kehadiran kegiatan internal, dan rekap kehadiran eksternal.
  3. Upgrading bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengurus BEM Fakultas Teknik Universitas Jember, sebagai tindak lanjut terhadap evaluasi yang ada di internal pengurus BEM Fakultas Teknik Universitas Jember, serta meningkatkan pemahaman pengurus BEM Fakultas Teknik Universitas Jember sesuai dengan tanggung jawab masing – masing.
  4. Pembaharuan pada BEM saat ini yaitu adanya penilaian staff terbaik

Kastrad

  1. Menyelesaikan permasalahan atau isu-isu yang ada di Fakultas Teknik dengan jalan adanya, diskusi, kajian dan advokasi
  2. Kajian terhadap isu-isu atau permasalahan di tulis pada sebuah kertas artikel yang akan ditempel di madding
  3. Progress kajian kastrad akan ditampilkan dalam bentuk video yang akan di upload di IG dan youtube BEM FT UNEJ
  4. Parameter keberhasilan yaitu dapat terselesaikan isu-isu tersebut.

Pada tanggal 18 April 2018 yaitu Biro RT, Biro Kominfo, dan Departemen Persatuan & kesatuan (PK). Hasil dari pemaparan tersebut yaitu:

Biro RT

Berorientasi pada segala bentuk inventarisasi yang akan dibutuhkan atau yang sudah ada pada Badan Eksekutif Mahasiswa dan juga segala bentuk rekapan administrasi yang telah dilakukan oleh pihak sekretaris atau kesekretariatan. Program kerja dari biro RT yaitu segala sesuatu tentang inventarisasi BEM seperti inventarisasi surat, penerimaan dan penyimpanan barang, dan peremajaan sekretariat BEM.

  1. Inventarisasi surat yaitu penyimpanan data dalam bentuk surat untuk  segala bentuk  kegiatan yang  sudahdilaksanakan oleh BEM FT yang tertuang dalam berita acara secara resmi. Dimana surat-surat tersebut akan menjadi arsip dari semua kegiatan yang dilakukan oleh setiap departemen BEM FT. Kesulitan pada periode sebelumnya yaitu disetiap acara  kurang adanya keaktifan dari pihak kementerian untuk menyediakan rekapan yang akan disimpan dalam bentuk arsip, dan kurangnya koordinasi dalam penerimaan surat yang masuk dari pihak luar yang tidak terorganisir dalam proses pengarsipan sehingga dirasa komunikasi yang dijalin kurang efektif dalam hal tersebut. Rencana untuk mencegah kesulitan tersebut yaitu dalam segala kegiatan diharapkan untuk selalu membubuhkan rekapan sebagai bukti adanya kegiatan tersebut, meningkatkan koordinasi dan komunikasi perihal surat yang masuk dari pihak luar agar pengarsipan berjalan dengan baik, surat yang masuk akan direkap dalam sebuah buku besar. Batas waktu penyerahan surat-surat suatu kegiatan yaitu H+7 kegiatan, apabila melebihi batas waktu pengumpulan saran dari BPM yaitu diberikan konsekuensi kepada pihak tersebut.
  2. Penerimaan dan penyimpanan barang yaitu penyimpanan segala bentuk inventarisasi barang yang masuk kepada BEM FT termasuk barang dari sisa-sisa kegiatan periode sebelumnya. Kesulitan pada periode sebelumnya yaitu penyimpanan inventaris semakin banyak sedangkan tempat penyimpanan kurang memadai, dan koordinasi pemakaian inventaris yang tidak begitu efektif karena kurangnya kesadaran dalam proses perawatan dalam pemakaian inventaris. Rencana untuk mencegah kesulitan tersebut yaitu setiap peminjaman barang inventaris harus menulis dibuku besar dan mencantumkan nama penanggung jawab, lebih meningkatkan penjagaan dan juga pemberian sanksi terhadap peminjam apabila kurang bertanggung jawab terhadap inventaris yang telah dipinjam.
  3. Peremajaan sekretariat BEM FT, sekretariat BEM yang merupakan tempat berkordinasi antar departemen maupun biro dan sebagai tempat pengadaan rapat kecil baik dengan pihak BEM maupun dengan HMJ atau Ormawa serta tempat penyimpanan segala bentuk inventaris, jadi memang harus di rawat dengan baik demi kenyamanan bersama. Kesulitan pada periode sebelumnya yaitu koordinasi yang kurang baik antar departemen untuk menjaga kebersihan dan kerapian secretariat, jadwal piket yang kurang begitu diperhatikan, dan kurangnya pengkoordinasian penyimpanan sementara suatu barang kegiatan atau acara yang ditipkan ke sekretariat. Rencana untuk mencegah kesulitan tersebut yaitu untuk supaya lebih bias berkoordinasi dalam proses menjaga kebersihan dan kerapian sekretariat dengan baik dan penataan serta koordinasi untuk penyimpanan barang atau alat sementara.

KOMINFO

Proker: mengelola Mading, Media sosial BEM dan Majalah Liberti

  1. Mading BEM berisi tentang berita dari internal dan eksternal Kesulitan Periode kemarin: Kurangnyasumber berita yang didapat dan penempelan poster sembarangan. Rencana pada periode ini: Konsep mading dirubah setiap 2 bulan sekali. Ide-ide konsep ini kami rundingkan antara Biro KOMINFO dengan BPH dan staff BEM FT UNEJ 2018 agar lebih menarik warga teknik untuk membaca berita yang ada di mading. Untuk peletakan Pamflet/berita dari luar yaitu sebelah kanan madding dan berita tersebut hanya untuk berita yang bermanfaat bagi mahasiswa Teknik.
  2. Media sosial BEM yaitu Instagram (@bemftunej & @kepoteknikunej) dan YouTube channel BEM FT UNEJ. Tujuan media sosial BEM adalah untuk Memberikan informasi dalam bentuk posting berupa berita, gambar, dan juga video kepada seluruh warga Teknik Universitas Jember.Evaluasi dari tahun lalu: Terkendala banyaknya human error seperti salah caption, salah tag dan waktu upload yang kurang tepat waktu. Dan target padaperiode ini: Feed instagram dari @bemftunej dan @kepoteknikunej sudah ditata lebih rapi dan menarik agar menarik minat dari viewer.

Majalah liberti merupakan program kerja dari Kominfo untuk membuat majalah yang bertuuan untuk memberikan informasi tentang UKM/ HMJ , Ketua UKM/ HMJ, Berita Teknik dan Artikel menarik kepada Warga Teknik.Evaluasi dari tahun lalu: Biro KOMINFO masih belum terlalu handal dalam bidang desain yang membuat kami dalam pengerjaan lebih lama karena sambil melihat tutorial di internet terlebih dahulu.Target di tahun ini:Progresnya belum ada karena di plotingan untuk Majalah LIBERTI adalah di bulan November. Target Biro KOMINFO adalah akan kami majukan pengerjaannya agar tidak menumpuk dibelakang. Dan juga target kami untuk LIBERTI adalah menjadikannya sebuah majalah, bukan sebuah selebaran seperti periode sebelumnya.

PK

  1. Proker Arak arakan dan suporteran.
  2. Dalam arak-arakan terdapat konsep arak-arakan setiap periode kelulusan wisudawan yang sumber dana dari urunan wisudawan dan dari FT sendiri.
  3. Kesulitan membentuk konsep acara arak-arakan yaitu mengajak kumpul Ormawa HMJ untuk rapat koordinasi konsep arak-arakan sehingga dari BEM membentuk konsep arak-arakan sendiri.
  4. Tujuan suporteran untuk Mewadai dan menggerakan mahasiswa dalam partisipasi mendukung kegiatan lomba yang di ikuti oleh Fakultas Teknik.
  5. Suporteran KRI Elektro Unej akan didukung oleh BEM berupa penyediaan bus untuk ke polinema.

Pada tanggal 19 April 2018 yaitu Departemen Keuangan dan Departemen Eksternal. Hasil dari pemaparan tersebut yaitu:

Departemen Keuangan

            Konsep kerja dari departemen keuangan itu sendiri yaitu mengelola koperasi dan menghimpun 3 jurusan sebagai korrdinator untuk pembuatan jaket teknik dan kalender teknik dan untuk semua kegiatan program kerja yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa.

  1. WATEJO

Mempermudah warga teknik dalam membeli kebutuhan terkait ATK. Meningkatkan kerjasama mahasiswa dalam suatu organsasi sebagai softskill untuk pengembangan kualitas diri. Dan juga Mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.  Sumber dana watejo dari plotingan yang diajukan ke fakultas sebesar Rp. 800.000,-

  1. Jaket dan Kalender Teknik

Jaket Teknik : Menyeragamkan almamater khususnya jaket mahasiswa, sehingga mahasiswa Fakultas Teknik / Warga Teknik lebih terlihat seragam dan kompak. Khusunya mahasiswa baru 2018. Disosialisasikan ketika PK2, ditargetkan seluruh maba membeli jaket teknik, produksi dilakukan secara masal.

Kalender Teknik : Diproduksi di awal akhir bulan September 2018.

Departemen Eksternal

Program Kerja

  1. Sarah Sehan

Sarah Sehan adalah kegiatan sharing bersama antar BEM Fakultas di lingkupUniversitas Jember tentang ilmu keorganisasian. Bertujuan untuk menjalin relasi baik dengan BEM Fakultas di Universitas Jember, sebagai wadah untuk belajar dan bertukar ilmu tentang keorganisasian. Kegiatan ini berempat di Auditorium ataupun  kondisional.

  1. Studi Lembaga

Kegiatan sharing bersama antar BEM Fakultas Teknik tentang keorganisasian  namun di luar lingkup Universitas Jember. Bertujuan menjalin relasi baik dengan BEM Fakultas di luar Universitas Jember  dan sebagai wadah untuk belajar dan bertukar ilmu tentang keorganisasian. Tempat Kondisional

  1. Forum BEM Teknik Jawa Timur

Forum Musyawarah Besar yang dihadiri oleh BEM Teknik se-JawaTimur.

Bertujuan menjalin relasi dan wadah mempersatukan dan mempertemukan BEM Teknik se-Jawa Timur. Tempat Kota Malang

  1. Forum BEM Teknik Indonesia

Forum ini biasanya diadakan beberapa setahun sekali yang bertempatkan di salah satu berbagai Universitas Indonesia. Yang didalamnya berisi Seminar Nasional & Pameran,Lomba debat mahasiswa teknik se-Indonesia, dan Musyawarah Besar BEM Teknik Indonesia.Bertujuan menjalin relasi dan wadah mempersatukan dan mempertemukan BEM Teknik se-Indonesia. Tempat Universitas Jambi.

Pada tanggal 20 April 2018 yaitu Departemen PSDM. Hasil dari pemaparan tersebut yaitu:

PSDM

            Departemen PSDM ini mempunyai beberapa program kerja yaitu Beasiswa dan penyesuaian UKT, LKMM-TD, LKMM-TM, BEAT, LPDP, dan PK2.

  1. LKMM-TD merupakan pelatihan mahasiswa dengan tujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam melakukan suatu kegiatan, mulai dari penyusunan kepanitiaan sampai dengan evaluasi dari kegiatan kepanitiaan. Tujuan dari LKMM-TD yaitu untuk Membina kerjasama antar mahasiswa dalam suatu organisasi sebagai soft skill untuk pengembangan kualitas diri, meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme mahasiswa, dan memberikan wawasan mengenai manajemen waktu dan leadership sebagai mahasiswa . Kesulitan pada periode sebelumnya yaitu kurangnya persiapan pemateri, dan peserta yang kurang memenuhi kuota. Untuk periode ini pemateri akan dipersiapkan dengan baik dan peserta diwajibkan mengikuti semua serangkaian kegiatan yang ada dalam LKMM-TD 2018 ini. Konsep acara LKMM-TD 2018 yaitu materi dikelas, diskusi kelompok, latihan, dan aplikasi materi. Dari serangkaian acara tersebut akan ada penilaian yang mana apabila peserta tidak mengikuti serangkaian kegiatan tersebut maka akan dinyatakan tidak lulus dan tidak mendapatkan sertifikat.
  2. LKMM-TM adalah Salah satu bentuk upaya atau pengembangan yang memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antarperguruan tinggi. Tujuan LKMM Tingkat Menengah adalah membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan. Konsep dari kegiatan ini yaitu materi di kelas, diskusi kelompok, latihan, dan aplikasi materi. Output yang hendak dicapai yaitu membekali mahasiswa degan wawasan, sikap keterampilan, untuk mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu lembaga atau organisasi agar dapat menyelesaikan permasalahan yang di hadapi organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  3. Seminar Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bermaksud agar Mahasiswa Fakultas Teknik setelah lulus dapat melanjutkan sekolah magister, riset, dan rehabilitasi fasilitas pendidikan, yang akan mempersiapkan pemimpin professional masa depan untuk Indonesia serta mendorong inovasi untuk kemajuan daya saing Indonesia dan memperbaiki fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam. Konsep acara seminar LPDP yaitu materi, tanya jawab, dan tips & trick agar dapat beasiswa LPDP. Output yang diharapkan yaitu Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan informasi terkait beasiswa LPDP untuk fresh graduated dari S1 melanjutkan kuliah S2.
  4. Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) bertujuan untuk Pengenalan kegiatan kemahasiswaan, khususnya kegiatan kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Jember Pengenalan Fakultas Teknik, proses pembelajaran dan deskripsi dunia kerja Teknik. Kendala PK2 tahun sebelumnya yaitu Kurangnya koordinasi antara pihak fakultas dan panitia.
  5. Penyesuaian UKT dan Beasiswa, setiap semester Universitas Jember memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan penyesuaian nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT). Berkas permohonan diajukan kepada Rektor Universitas Jember melalui Wakil Rektor I. Jadi bagi mahasiswa yang merasa keberatan dengan nilai UKT yang ditetapkan (dan tidak ada sanggah UKT sewaktu pendaftaran ulang), bisa mengajukan penyesuaian UKT pada semester berikutnya. Angka, waktu serta pengumuman akan diberitahukan secara resmi kepada masing-masing Program studi atau Fakultas masing-masing melalui surat Rektor. Tujuan dari kegiatan ini yaitumemfasilitasi dan membantu mahasiswa yang membutuhkan penyesesuaian Uang Kuliah Tunggal untuk diajukan ke Wakil Rektor 1. Output yang diharapkan yaitu Mahasiswa mendapatkan informasi secara maksimal dan dapat memenuhi persyaratan administratif secara lengkap sebelum akhirnya diserahkan ke pihak Rektorat. Beasiswa, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan informasi mengenai beasiswa yang dapat diikuti oleh Mahasiswa, khususnya Mahasiswa Teknik Universitas Jember. Output yang diharapkan yaitu mahasiswa memiliki wawasan mengenai beasiswa yang diselenggarakan oleh pihak di luar kemenriset dikti.
  6. Bimbingan Edukasi Anak Teknik 2018 (BEAT 2018) Sarana Pengenalan Mahasiswa Baru dalam Mengenal Fakultas Teknik UNEJ dan membuka cakrawala Kemahasiswaan. BEAT 2018 merupakan agenda rutin Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember menyambut datangnya mahasiswa baru Fakultas Teknik. Tujuan dari kegiatan ini yaitu Sebagai salah satu bentuk interaksi dan sosialisasi antar mahasiswa, khususnya mahasiswa baru dengan mahasiswa lama. Pengenalan Fakultas Teknik, proses pembelajaran dan deskripsi dunia teknik. Pengenalan kegiatan kemahasiswaan, khususnya kegiatan kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Jember. Untuk menanamkan sikap kebersamaan, kerjasama tim dan tolong menolong antar mahasiswa, sebagai bekal kegiatan perkuliahan di Fakultas Teknik dan untuk membentuk sikap mandiri dan kedewasaan ketika nantinya mereka terjun di masyarakat. Pembentukan karakter mahasiswa baru yang beretika, bertanggung jawab, dan mampu menghadapi tekanan serta menyelesaikan masalah. Output yang diharapkan yaitu Mahasiswa memiliki karakter yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha esa.Mahasiswa mampu meningkatkan pengetahuan umum dalam bidang keteknikan yang menunjang kreatifitas mahasiswa dalam pengembangan teknologi terbarukan. Mahasiswa dapat tetap menjaga budaya etika, moral dan norma yang berlaku di lingkungan sekitarnya. Danmahasiswa mampu meningkatkan kepekaan sosial terhadap hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Kendala BEAT pada tahun sebelumnya yaitu sulitnya koordinasi dengan pihak-pihak birokrasi Fakultas, kurangnya kesiapan dari panitia, dan kurangnya pengkoordinasian maba maupun panitia.

Pada tanggal 21 April 2018 yaitu Departemen PMBK. Hasil dari pemaparan tersebut yaitu:

Departemen PMBK

Departemen PMBK merupakan departemen yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai Pengayom UKM & ORMAWA yang ada di Fakultas Teknik. Mempunyai tugas Menjalin kerjasama dengan pihak luar yang bertujuan utuk Mempersiapkan untuk Periode Kepengurusan IKM FT 2019 mengenai relasi dengan pihak luar yang dikategorikan, Beasiswa, Job Fair dan Sponsor

Membantu Publish, Support Semua Kegiatan UKM & Ormawa yang ranahnya kegiatannya yang bersifat universal, Memantau Jalannya Hubungan Antara Pengurus IKM FT dan mempunyai Program kerja Engineering Festival 2018. Tugas, fungsi, dan proker yaitu menjalin Kerjasama dengan pihak luar dalam mempersiapkan untuk Periode Kepengurusan IKM FT 2019 mengenai relasi dengan pihak luar yang dikategorikan, Beasiswa, Job Fair dan Sponsor. Monitoring Ukm Ormawa dalam embantu Publish & Support Semua Kegiatan UKM dan Ormawa yang ranahnya kegiatannya yang bersifat universal. Terakhir Diesnatalis FT 2018 ( EF 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *