Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Jember kali ini mengadakan acara Pelatihan SketchUp 2019. Penanggung jawab pelatihan ini adalah Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Jember yaitu Alfi Fahmi Teknik Sipil 2016. Ketua pelaksana pelatian kali ini adalah Asna Malikhatul Mutiah Teknik Sipil 2017. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 19 Mei 2019, bertempat di Ruang Kuliah 21 dan 25 Lantai 3 Gedung B Fakultas Teknik, Kabupaten Jember. Pelatihan ini ditujukan khusus untuk mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember Tahun Angkatan 2019. Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 dimulai pukul 07.30-11.00 WIB dengan kuota 35 mahasiswa, dan sesi 2 dimulai pukul 12.3.00-16.00 WIB berkuota 36 mahasiswa. Sehingga nantinya terdapat 71 mahasiswa yang ikut program Pelatihan SketchUp ini. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini, yaitu:

  1. Meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam penguasaan Program Software dalam dunia Perencanaan Wilayah dan Kota.
  2. Menjaring potensi mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam pengoperasian program Software dan nantinya perlu program pengelolaan khusus untuk mewadahi mahasiswa yang berkemampuan lebih di bidang program Software.
  3. Menyiapkan lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember yang lebih berkualitas dalam penguasaan teknologi.
  4. Menjadi wadah bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota sebagai penunjang materi kuliah di luar jam perkuliahan.

Pemateri Pelatihan ini melibatkan dosen dan mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember, yang disampaikan oleh Robit dahnial ishaq Teknik Sipil 2017, dan Deliar Ogi Prastica Irawan Teknik Sipil Tahun Angkatan 2017. Pelatihan Program SketchUp digunakan untuk membuat desain pembebanan yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Umumnya digunakan untuk merancang desain wilayah kota. Pengelolaan program ini berupa dasar-dasar operasi dan menggunakan aplikasi- aplikasi yang tersedia di dalamnya. Materi yang disajikan bertujuan agar para peserta dapat mengerjakan Tugas Besar Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan. Dengan 1 kali pertemuan, diharapkan peserta mampu  menguasai dasar software SketchUp, sehingga menjadi bekal yang cukup untuk pengembangan kemampuan software peserta pada kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *