Pelatihan Software SAP2000 dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 September 2018 oleh Himpunan Mahasisa Sipil di Fakultas Teknik Universitas Jember, tepatnya pada ruang 21 lantai 3 Gedung B. Pelatihan ini ditujukan khusus untuk mahasiswa S1 Teknik Sipil angkatan 2016 yang sedang menempuh tugas beton. Diadakannya pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami cara pengoperasiannya, mengerti konsep dasar dan desain struktur serta pengoptimalan aplikasi SAP2000.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi global sekarang ini, maka secara otomatis tuntutan penggunaan teknologi tersebut mutlak diperlukan, berbagai macam dampak perkembangan teknologi adalah munculnya berbagai software under window, baik pada bidang desain grafis maupun pada bidang rancang bangun, adapun salah satu wujud teknologi pada bidang rancang bangun yang sekarang berkembang adalah SAP (Structural Analysis Program), yang mana SAP ini adalah program yang digunakan untuk menganalisis dan mendesain suatu struktur yang berorintasi obyek (Object Oriented Programing).

Program SAP2000 ini memiliki beberapa kelebihan, terutama dalam perancangan struktur baja dan beton, dalam perancangan struktur baja SAP2000 dapat merancang elemen struktur dengan menggunakan profil baja yang optimal dan seekonomis mungkin, sehingga dalam penggunaanya tidak perlu menentukan elemen awal dengan profil pilihannya, tetapi cukup memberikan data profil dari database yang ada pada SAP2000, dan ini hanya berlaku untuk perancangan struktur baja, sedangkan untuk perancangan struktur beton kita tetap harus menentukan elemen awal sebagai asumsi awal perancangan yang kemudian nanti diperoleh luas tulangan totalnya. Maka dari itu, pelatihan ini diadakan untuk mahasiswa yang sedang menempuh tugas beton agar dapat dengan mudah mengaplikasikannya.

Pelatihan ini diisi oleh Asa Dina Safitri sebagai pemateri satu dan Ahmad Miftah Surya sebagai pemateri dua dari S1 Teknik Sipil angkatan 2015 Fakultas Teknik Universitas Jember yang sudah berpengalaman baik dengan aplikasi SAP2000 itu sendiri. Mekanisme pelaksanaanya menjadi 2 kloter pelatihan yaitu kloter pertama diisi oleh pemateri satu pada pukul 07.30 – 11.00 WIB dan pada kloter kedua diisi oleh pemateri dua pada pukul 13.30 – 17.00 WIB yang berlansung pada 2 hari yaitu tanggal 29 dan 30 September 2018.

Untuk mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini diharuskan membayar uang pendaftaran sejumlah Rp. 30.000,- dengan mendapat fasilitas blocknote, bolpoint, sticker, konsumsi dan sertifikat pelatihan. Sekitar 88 mahasiswa S1 Teknik Sipil angkatan 2016 sudah mengikuti pelatihan ini hingga hari terakhir. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam penguasaan Program SAP2000, selain itu Himpunan bermaksud menyiapkan lulusan Teknik Sipil Universitas Jember yang lebih berkualitas dalam penguasaan teknologi serta menjadi wadah bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu Teknik Sipil sebagai penunjang materi kuliah di luar jam perkuliahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *