Pelatihan injeksi adalah pelatihan yang diadakan khusus untuk anggota club BMM yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Jember, dalam kegiatan ini anggota club BMM diberi pelatihan mengenai injeksi. Injeksi sendiri adalah proses penyaluran bahan bakar dengan prinsip kerja menyemprot bahan bakar untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada penyaluran bahan bakar yang lama.

Pelatihan injeksi dilakukan dua sesi yakni sesi presentasi oleh pemateri, dalam sesi itu pemateri menyampaikan konsep kerja dari injeksi itu sendiri dan juga tanya jawab mengenai hal tersebut, lalu sesi pelatihan secara langsung atau praktik, sesi pelatihan langsung atau praktik sendiri dilakukan membahas mengenai teori sebagai dasar praktik untuk dilakukan pembongkaran mesin, Pelatihan injeksi ini dilakukan pada tanggal 29 September 2018, dan berada di Area Parkir Fakultas Teknik.

Pelatihan ini dilaksanakan mulai jam 07.30 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh MC. Kemudian Ketua Club BMM untuk memberikan penjelasan  kepada para anggota club BMM yang akan melaksanakan sesi presentasi oleh pemateri dan sesi pelatihan praktik. Lalu dilanjut sesi presentasi oleh pemateri dari divisi mekanik yang menjelaskan tentang apa itu injeksi dan bagaimana prinsip kerja dari injeksi tersebut, sehingga para anggota club BMM bisa mendapatkan bekal pengetahuan terlebih dahulu sebelum terjun ke sesi pelatihan praktik. Setelah sesi presentasi oleh pemateri selesai dilanjut sesi pelatihan praktik yang mana anggota club BMM melakukan pengecekan pada sistem injeksi terlebih dahulu untuk bisa mengetahui apakah pada sistem injeksi tersebut bisa dikatakan fatal atau hanya saja men-service ringan/membersihkan kerak yang ada pada saluran injeksi.

Diharapkan setelah pelatihan injeksi anggota BMM dapat mengetahui apa itu injeksi dan prinsip kerja Injeksi pada sepeda motor dan semoga nantinya dapat membagikan ilmu mengenai injeksi kepada mahasiswa mesin yang lain, serta dapat memperbesar kemungkinan untuk mengadakan pelatihan terkait otomotif dikemudian hari untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mesin yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *