Pelatihan arduino adalah salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh UKM Robotika Fakultas Teknik Universitas Jember yang ditujukan untuk melatih dan meng-upgrade pengetahuan para anggota UKM Robotika tentang arduino. Kegiatan ini dilakukan di LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) Universitas Jember pada tanggal 03 agustus 2018. Arduino sendiri adalah sebuah brand dari board mikrokontroller yang umum digunakan untuk memprogram dan mengkontrol robot, Arduino yang sering digunakan yaitu Arduino UNO dan Arduino Mega 2560, perbedaan dari kedua arduino tersebut ada pada jumlah memory dan jumlah pin yang digunakan sebagai input dan outputnya.

Pada pelatihan kali ini membahas tentang interrupt, digital output, analog output, analog input, delay, display LCD, kontrol servo. Hal hal yang digunakan pada pelatihan kali ini meliputi : Arduino, kabel jumper, LED, potensiometer, LCD 16×2, servo, dan sensor. Pertama tama arduino dirangkai sedemikian rupa dengan sensor dan display LCD, lalu diprogram melalui software Arduino IDE yang sudah terinstal pada laptop, setelah diprogram selanjutnya dilakukan pengamatan apakah program yang ditulis tersebut cocok dengan output yang keluar pada aktuator, percobaan bisa menggunakan beberapa alat alat tadi yang digabungkan menjadi satu.

Dikarenakan arduino adalah suatu mikrokontroller yang sering sekali digunakan pada sebagian besar alat dan robot yang dilombakan pada Kontes Robot Indonesia (KRI) maka seluruh anggota UKM Robotika Fakultas Teknik diwajibkan mengerti dan paham tentang cara penulisan dan penggunakan program yang ada pada mikrokontroller arduino. Hal ini bertujuan agar para anggota UKM Robotika khususnya para anggota baru mengerti tentang arduino, sekaligus upaya untuk mempersiapkan suatu event robot terbesar di Indonesia yaitu Kontes Robot Indonesia yang akan diselenggarakan pada pertengahan tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *