Informasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk didapatkan. Banyak sekali sumber – sumber atau media informasi yang digunakan banyak orang untuk menyampaikan suatu informasi dan kebanyakan sumber atau media tersebut sudah merambah dunia teknologi baru seperti website, blog, televisi, penggunaan media sosial juga seperti facebook, twitter, instagram dll. Tetapi tak serta merta kehadiran teknologi telah membuat media penyampaian informasi tradisional dilupakan. Masih banyak yang menggunakan media informasi tradisional sebagai informan kepada khalayak ramai. Lihat saja masih banyak loper – loper koran yang setiap harinya bertugas mengantar koran ke rumah – rumah. Masih banyak stasiun radio yang masih eksis mengudara sampai sekarang. Dan salah satu dari media penyampaian informasi tradisional yaitu majalah dinding atau biasa disebut mading. Meskipun sudah jarang digunakan, tetapi media ini merupakan salah satu media yang menurut saya efektif dilakukan pada lingkungan pendidikan, lingkungan kantor, atau lingkungan lain yang didalam lingkungan tersebut terdapat banyak populasi.

Mading HME, merupakan majalah dinding yang dimiliki oleh Himpunan Mahasiswa Elektro UNEJ yang berlokasi di gedung B lantai 1 lebih persisnya tepat setelah masuk gedung B mading pertama di sebelah kanan. Mading ini akan mengalami pembaruan – pembaruan dalam kurun waktu tertentu dan juga termasuk dalam salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Elektro. HME selaku pemilik mading ini bekerja sama dengan salah satu komunitas yang masih berada dibawah naungan HME yaitu JET atau Jurnalistik Elektro Team. Tentunya peran JET disini sangatlah vital, selain berkecimpung pada dunia jurnalistik mereka juga akan menunjukkan hasil kerjanya dengan cara menempelkan karya – karya mereka di mading ini. Tidak hanya JET yang dapat mempublikasikan karyanya di mading ini, tetapi seluruh warga teknik elektro UNEJ pun berhak mengisi mading ini dengan karya – karya mereka tapi tentunya atas perizinan pengurus HME. Selain karya pribadi, di mading ini lebih diprioritaskan mengenai informasi – informasi yang berkaitan dengan jurusan teknik elektro pada khusunya seperti pengetahuan tentang PLC, dunia kerja teknik elektro, adanya pelatihan – pelatihan, lomba tingkat jurusan sampai tingkat nasional, seminar, kuliah tamu dll.

Kegiatan pembaruan mading HME ini telah dilaksanakan pada hari jumat, 21 September 2018. Dalam kegiatan tersebut anggota HME dan komunitas JET bekerja bersama untuk membersihkan, merancang, serta menyusun mading tersebut. Proses desain mading sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya oleh teman – teman JET. Setelah itu diharapkan nantinya mading tersebut dapat menjadi media penghubung dari HME ke warga elektro, maupun dari warga elektro satu ke warga yang lain. Tak hanya dalam hal penyampaian informasi, mading ini juga diharapkan menjadi media penyampaian bakat atau karya dari warga elektro. Mungkin beberapa warga elektro membuat karya tulis, cerita pendek, atau bahkan kata – kata motivasi agar warga elektro semangat dalam menjalani perkuliahan. Dan dalam waktu tertentu nantinya juga akan diadakan kegiatan bersih – bersih dan merancang ulang mading ini agar mading tidak membosankan saat dilihat dan lebih menarik perhatian lagi khususnya pada warga teknik elektro UNEJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *