Lomba Analisis Transportasi merupakan salah satu lomba yang diadakan dalama serangkaian acara Civil National Expo 2018 oleh Fakultas Teknik Sipil Universitas Tarumanagara Surabaya. Ajang ini merupakan ajang lomba analisis transportasi bertingkat nasional yang diikuti oleh seluruh universitas atau intstitut di seluruh Indonesia. Dalam lomba ini bertujuan kepada mahasiswa untuk membuat inovasi atau penyelesaian terkait masalah transportasi umum di Indonesia, khususnya angkutan umum. Lomba ini merupakan lomba oleh tim yang beranggotakan maksimal 3 mahasiswa jurusan teknik sipil.

Tahapan dari perlombaan ini adalah dengan mengirimkan proposal dan nantinya akan diseleksi oleh panitia. Proposal yang lolos seleksi berhak melakukan tahap final di Universitas Tarumanagara Jakarta. Terpilih 5 tim dari seluruh Indonesia, salah satunya adalah Tim GANENDRA LOGAWA dari Universitas Jember.

Tim WIRA LOGAWA beranggotakan tiga mahasiswa Universitas Jember Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil yaitu Muhammad Alfian Nasril selaku ketua tim, dan dua anggota lainnya adalah Adelia Adyb Rahayu serta Zulfa Majida A’yuni yang merupakan mahasiswa angkatan 2016. Pokok permasalahan yang diambil oleh tim Ganendra Logawa adalah permasalahan angkutan umum di Jember, yang direncanakan dapat dilakukan perbaikan dengan adanya mode trnsportasi BRT (Bus Rapid Transit) yang telah diintegrasikan dengan jadwal keberangkatan kereta api.

Serangkaian tahap final dilaksanakan di Universitas Tarumanagara pada tanggal 4-5 Mei 2018. Tanggal 4 Mei diadakan technical meeting dan dilanjutkan dengan perlombaan tahap final, yaitu mempresentasikan terkait makalah analisis transportasi yang telah dikirim kepada panitia. Presentasi dilakukan secara tertutup. Tanggal 5 Mei 2018 merupakan acara seminar nasional serta dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari semua cabang lomba pada kegiatan Civil National Expo. Acara ini dilaksanakan di Audiorium Universitas Tarumanagara. Tim GANENDRA LOGAWA meraih juara 3 dalam Lomba Analisis Transportasi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *