10 September 2018, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Unej mengadakan kuliah tamu dengan tema “Teknologi Pengolahan Mineral pada Industri Pertambangan”,  dengan melibatkan Stake Holder dari  PT Bumi Suksesindo (BSI).

PT Bumi Suksesindo merupakan perusahaan pertambangan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), yang berdasarkan Keputusan Bupati Banyuwangi No. 188/547/KEP/429.011/2012 tanggal 9 Juli 2012 BSI telah  memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi  (IUP OP) seluas 4.998 ha. Terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur dengan kegiatan utama saat ini terfokus pada unit bisnis produksi emas dan tembaga di Tujuh Bukit Operation atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tumpang Pitu.

Kali ini pihak HMM FT UNEJ mengundang 3 pemateri dengan bidang yang berbeda yaitu Achmad Syauqi (Corporate Communication Superintendent), Putu Patria Kresna yasha ( Electrical & Instrumentation Superintendent), Rizfan Hasnur (Senior Geologist).

Dalam kuliah tamu tersebut, 3 pemateri tersebut memberikan materi yang berbeda mengenai apa itu pertambangan, bagaimana pengolahan mineral tersebut. Inti dari kuliah tamu tersebut yaitu menjelaskan mengenai proses pertambangan di PT BSI. Langkah awal sebelum dilakukan proses tambang, pihak BSI melakukan studi lingkungan dengan meneliti bebatuan-bebatuan yang berada di sekitar galian tambang.

Dalam proses tersebut melibatkan beberapa ahli geologi yang dimiliki perusahaan tersebut. Setelah bebatuan tersebut sudah diteliti dan analisa spesifikasinya, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan proses gambar atau yang biasa disebut gambar analisa bebatuan. Gambar tersebut diserahkan ke pihak electrical untuk selanjutnya dilakukan proses galian di area tersebut, kemudian hasil dari galian tersebut di tampung terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pengolahan.

One Thought on “KULIAH TAMU bersama PT.BSI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *