Kebutuhan darah di Kabupaten Jember setiap harinya mencapai 60 kantong darah. Dari jumlah kebutuhan itu, hanya beberapa kantong yang bisa dipenuhi Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember. Untuk itu, Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember mempuyai program kerja intern untuk mengadakan kegiatan donor darah yang bertemakan “Setetes Darah Untuk Kita Berarti Untuk Mereka” dalam bentuk kegiatan social dengan sasaran seluruh Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember.

Pada tanggal 15 November 2018, kegiatan Donor Darah Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas dilaksanakan di Rooftop Lt 3 Gedung UKM Fakultas Teknik mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Hasil dilaksanakannya kegiatan Pemuda Berderma ini yaitu Divisi Abdi Negara bisa membantu menyalurkan niat baik mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember untuk mendonorkan darahnya untuk orang yang lebih membutuhkan. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan informasi tentang pentingnya donor darah bagi manusia. Jadi, mahasiswa selain memikirkan tentang perkuliahan mahasiswa juga bisa memperhatikan tentang kesehatan mereka yaitu dengan cara donor darah.

Kegiatan Donor Darah Fakultas Teknik Universitas Jember 2018 dapat terlaksana dengan baik, ditunjukkan dengan banyaknya partisipasi dari warga Fakultas Teknik Universitas Jember terhadap kegiatan ini sehingga terkumpul kantong darah yang berjumlah 50 kantong dengan catatan jumlah pendonor yang tidak bisa melakukan donor sebanyak 20 orang dikarenakan kesehatan yang tidak memenuhi kualifikasi.

Diharapkan dalam kegiatan Donor Darah 2018 ini mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran bagi diri mereka sendiri tentang kesehatan untuk berdonor dan menigkatkan rasa sosial kepedulian terhadap sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *