UKMS Kolang Kaling Universitas Jember merupakan Unit kegiatan mahasiswa seni yang berada dibawah naungan fakultas teknik universitas jember yang menjembatani minat dan bakat mahasiswa teknik universitas jember dalam bidang seni, terdapat 4 bidang seni dalam UKMS Kolang Kaling yaitu fotografi, rupa, musik dan teater.

Festival Musik adalah acara komunitas berorientasi kepada penampilan langsung menyanyi dan instrumen yang biasanya dibeda-bedakan dengan tema seperti jenis musik, kebangsaan penampil atau lokasi atau waktu tertentu. Festival musik biasanya diselenggarakan di ruang terbuka, dengan tenda atau panggung sementara untuk para penampil.

Festifal Musik ini sebagai bagian dari rangkaian acara PANGGUNG 4 BIDANG yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas anggota dan berproses untuk berseni. Dan Festifal Musik yang di selanggarakan UKMS Kolang Kaling ini bertemakan Persatuan dan di selenggarak di Lapangan Parkir Utara Gedung Soetarjo pada tanggal 6 hingga 7 Oktober 2018. Dalam acara Festival Musik terdapat dua sesi atau dua acara lagi yaitu Unity Acaustic Competition pada hari pertama dan Closing Ceremony pada hari terakhir yaitu hari kedua. 

Pada hari pertama tanggal 6 Oktober 2018 terdapat acara Unity Acoutic Competition yaitu sebuah kompetisi atau lomba band dengan bertemakan akustik. Acara ini di mulai pada pukul 09:00 WIB hingga 16:00 WIB bertempat di Lapangan Parkir Utara Gedung Soetarjo. Pada lomba akustik ini terdapat 19 peserta dan setiap peserta diwajibkan menampilkam dua buah lagu dengan satu lagu wajib yang telah disiapkan oleh panitia dan satu lagu bebas, dan lomba ini juga terdapat dua orang juri untuk menilai penampilan dari peserta dan yang menentukan dari juara 1, 2 dan 3. Setelah semua peserta telah menampilkan performennya pada akhir acara terdapat pengumuman pemenang juara 1, 2,dan 3 dan keputusan dari juri ini tidak bisa di ganggu gugat atau di bantah. Pada juara pertama di raih oleh Reunion Quartet, pada juara kedua diraih oleh Teman duduk, dan pada juara ketiga diraih oleh Noways.

Pada hari kedua yaitu tanggal 7 Oktober 2018 yaitu acara Closing Ceremony sekaligus sebagai penutup dari acara besar Panggung 4 Bidang. Dimulai pada pukul 19:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB yang bertempat di Lapangan Parkir Utara Gedung Soetarjo. Dan pada acara ini menampilkan bebera band dari sebagian UKM SeJember dan penampilan dari anggota UKMS Kolang Kaling sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *