Kompetisi Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (disingkat KJI & KBGI) merupakan suatu kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan dan bangunan gedung. Kompetisi yang diadakan setiap tahun ini diikuti oleh mahasiswa jurusan teknik sipil dari perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi jembatan merupakan satu kegiatan gabungan yang merupakan rangkaian dalam pembangunan jembatan. Kompetisi ini terdiri dari tahap perancangan dan konstruksi di arena lomba untuk membangun model jembatan berskala. Dalam pembangunan jembatan, seorang perancang harus menguasai beberapa kegiatan mulai dari survey lapangan, proses analisis dan pembangunan fisik di lapangan. Oleh karena itu, pembuatan jembatan membutuhkan data lengkap baik kondisi lingkungan maupun bahan konstruksi serta standar/ peraturan yang digunakan. Tujuan Umum Kompetisi Jembatan Indonesia adalah: Mendorong dan menumbuh-kembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang perancangan dan konstruksi jembatan. Sedangkan tujuan khusus adalah:

  1. Menumbuhkan daya tarik bagi mahasiswa untuk lebih mendalami perancangan dan pelaksanaan jembatan.
  2. Memperdalam pemahaman proses perancangan/rekayasa jembatan sebagai bentuk aplikasi dari ilmu dasar dan teknologi jembatan, dalam rangka menghasilkan suatu rancangan jembatan yang kuat, kaku, ekonomis dan indah
  3. Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam bidang pengembangan bidang teknologi jembatan.
  4. Membudayakan iklim kompetisi di lingkungan perguruan tinggi.
  5. Mempelajari rekayasa jembatan melalui tindakan realistik, pengalaman menganalisis masalah secara langsung (hands on experience).
  6. Membuat model jembatan, yang akan dinilai kekuatannya, estetika dan metode perakitannya.

 

Workhsop KJI & KBGI diselenggarakan oleh komunitas Ilmu Sipil (KIS) Himpunan Mahasiswa Sipil pada tanggal 29 Maret 2019 yang bertempat di Auditorium Fakultas Teknik. Acara tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama berlangsung pukul 15.00-17.30 untuk sesi  dan sesi 2 berlangsung pukul 19.00-21.00 . Adapun kuota peserta yang hadir sebanyak 52 orang, yang dihadiri oleh mahasiswa Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan Perencanaan wilayah dan kota Universitas Jember. Untuk pemateri dari workhsop KJI & KBGI adalah dari dosen Teknik Sipil Universitas Jember yaitu Ibu Anik Ratnaningsih S.T.,MT yang sangat berkompeten dalam bidang Struktur. Adapun pemateri lainnya yaitu dari Para Finalis KJI (2016) Dan Finalis KBGI (2018).

Kegiatan Workhsop KJI & KBGI ini dilaksanakan di Auditorium Fakultas Teknik. Di tempat kegiatan ini akan diadakan  kegiatan  pemaparan teknis penulisan proposal untuk persiapan KJI & KBGI 2019, pelatihan tentang penulisan proposal ini  sangat  penting untuk dipelajari bagi mahasiswa khususnya teknik sipil untuk tahap awal pada KJI & KBGI. Sehingga dengan adanya pelatihan ini bisa mengasah kemampuan dan bakat mahasiswa tentang  KJI & KBGI dan  Mengajak semua mahasiswa sipil UNEJ supaya bisa memiliki jiwa kompetisi. Sehingga bisa merealisasikan apa yang didapatkan dikelas bisa diterapkan lewat ajang kompetisi tersebut.  Harapannya peserta dapat lebih memahami tentang apa saja yang perlu disiapkan untuk KJI & KBGI 2019 dan bisa membuat inovasi yang lebih baik dan realistis.

 

Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk mengenalkan, meningkatkan, dan mengembangkan potensi mahasiswa sipil dibidang struktur dan kontruksi . Sasaran dari pelatihan ini adalah mahasiswa sipil universitas. Fungsi dari Workhsop ini adalah untuk persiapan KJI & KBGI 2019.

Hiburan Musik

Panitia Workshop KJI & KBGI 2019