Young Civil Engineering merupakan merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Universitas Jember yang sudah berlangsung selama 6 tahun berturut-turut. Young Civil Engineering 2018 dilaksanakan 3 hari berturut-turut pada tanggal 12-14 Oktober 2018, yang meliputi berbagai perlombaan dan seminar nasional. Lomba yang dilaksanakan ada 2 macam, yaitu lomba efisiensi presisi rancang bangun jembatan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Indonesia dan lomba tepat rancang beton yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi se-Indonesia.

Lomba efisiensi presisi rancang bangun jembatan dilaksanakan 2 hari pada tanggal 12-13 Oktober 2018 yang pada hari pertama yaitu merancang jembatan yang bertempat di Gedung Mas Soerachman dan hari kedua melaksanakan pembebanan di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Sedangkan untuk lomba tepat rancang beton dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2018 dengan melaksanakan presentasi di Ruang Rapat Lantai 2 Fakultas Teknik Universitas Jember. Dan pada tanggal 13 Oktober 2018 dilaksanakan seminar nasional yang bertema “Teknologi Konstruksi Material untuk Mendukung Pembangunan di Indonesia” yang bertempat di Gedung Rektorat Lantai 3 Universitas Jember dengan pemateri :

  1. Kepala Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (BPTK) Cakra Nagra.

  2. Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono Moesono Djojoatmodjo, MS.

Young Civil Engineering bertujuan untuk menggali dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia dan siswa SMA maupun SMK se-Indonesia dalam upaya untuk meningkatkan kreatifitas dan pemahaman tentang konstruksi. Young Civil Engineering juga bertujuan untuk mengenalkan Universitas Jember kepada seluruh Indonesia.

Young Civil Engineering Inovation Festival 2018 berjalan dengan lancar dan memperoleh juara sebagai berikut :

  • Lomba efisiensi presisi rancang bangun jembatan

  1. SMAN 1 Bangorejo (Juara 1)

  2. SMAK Stella Maris Surabaya (Juara 2)

  3. SMAN 4 Jember (Juara 3)

  • Lomba tepat rancang beton

  1. GAMAHAMEHA (Universitas Gajah Mada) (Juara 1)

  2. ABHINAYA S60 (Institute Teknologi Surabaya) (Juara 2)

  3. SS-02 SAHWAHITA (Universitas Sebelas Maret) (Juara 3)

  4. SS-02 ADELARD (Universitas Sebelas Maret) (Harapan 1)

  5. SEMAR SATYA (Universitas Sebelas Maret) (Harapan 2)

  6. SEMAR IN OVATION (Universitas Sebelas Maret) (Harapan 3)

  7. GAMAHAMEHA (Universitas Gajah Mada) (Juara Favorit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *