Progam Kreatifitas Mahasiswa adalah merupakan wujud pelaksanaan kegiatan mahasiswa dan salah satunya adalah Penelitian karena penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten dan bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya. Untuk meningkatkan kegiatan penelitian, UKM Enstin Fakultas Teknik Universitas Jember menyelenggarakan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). “Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan oleh UKM Enstin dimana antusias mahasiswa untuk mengikuti workshop ini sangat besar. “Saya berharap setelah acara ini, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember dapat memiliki kesadaran untuk meningkatkan kemampuan meneliti melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Saya targetkan juga minimal ada 8 bidang bisa didanai oleh Fakultas di PIMNAS”, ungkap Pembina UKM Enstin Fakultas Teknik Universitas Jember, Abdur Rohman, S.T., M.Agr., Ph.D. dalam memberikan sambutan di Ruang Audotorium Fakultas Teknik Universitas Jember.

Sedangkan Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember, Dr. Ir. Entin Hidayah, M.UM menjelaskan bahwa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan agenda tahunan yang berbentuk kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi dibidang penelitian. PKM ini merupakan salah satu perlombaan bergengsi yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, kami harap Fakultas Teknik Universitas Jember, melalui menyelenggarakan workshop ini untuk mempersiapkan lebih dini dan diharapkan bisa meningkatkan partisipasi mahasiswa.dan kami harap semua perserta bisa menggabungkan dua ide yang cemerlang sehingga bisa kolaborasi antar jurusan dan perlu diingat Fakultas Teknik Universitas Jember  merupakan tolak ukur kemenangan sehingga tidak hanya kualitas penelitian yang kita utamakan akan tetapi kita harus mempelajari soff skil utamanya bagaimana cara kita berpresentasi dan bagaiman prototype dan lebih penting yaitu kita harus mempublikasikan hasilnya sehingga bisa menang tingkat Nasional dan kami mengharuskan jika mahasiswa yang mengajukan Karya ilmiah harus digunakan sebagai tugas akhir ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember yang biasa di panggil bu Entin.

Narasumber kegiatan ini  adalah Prof. Dr. Bambang Wibisono, Dosen Fakultas Ilmu Budaya. “Saya sangat terkesan sekali dengan acara siang hari ini. Karena Fakultas Teknik Universitas Jember, merupakan Langganan mendapatkan kemenangan tetap mengadakan work shop. Apalagi saya baru pertama kali mengisi acara workshop di Fakultas Teknik Universitas Jember, yang pesertanya mencapai 120 mahasiswa. Luar biasa ini dorongan dari Dekanat. Saya berharap semangatnya bisa terjaga hingga pembuatan proposal sesuai bidang bisa berlangsung dengan baik ” ungkapnya.

Sedangkan Fasilitator kedua yaitu Prof. Dr. Yuli Witono, STP meberikan penjelasan bahwa Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM merupakan bentuk kongkrit dari tertuangnya ide-ide kreatif mahasiswa. Minat mahasiswa kepada penulisan PKM dirasa perlu dikembangakan, guna menumbuhkan  kreativitas serta daya kompetisi karya tulis mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember diranah nasional. UKM Instin memiliki  keinginan yang sama yaitu untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, UKM Instin untuk berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada mahasiswa ujar Profesor Yuli Witono yang ahli dalam bidang bergelut interpreneur.

Sedangkan bertindak sebagai Fasiltator berikutnya adalah Dr. Ir. Hari Purnomo, M.Si, PhD, DIC tidak hanya sekedar memberikan materi kepada peserta tetapi  terdapat pula  praktek penulisannya. Pada sesi ketiga, seluruh peserta workshop diberikan kesempatan untuk menuangkan ide kreatif mereka dalam bentuk tulisan. Tulisan ini merupakan sebuah simulasi atau kerangka perfikir sebelum membuat sebuah PKM. Format penulisannya meliputi jenis PKM, permasalahan yang ada hingga solusi yang ditawarkan oleh penulis.

Kegiatan workshop PKM ini dapat dikatakan cukup sukses, melihat antusias peserta yang tinggi terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini pula, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi para peserta khususnya dalam penulisan PKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil praktek penulisan ilmiah yang menghasilkan tulisan-tulisan dengan ide yang kreatif dan solutif. Suksesnya kegiatan workshop PKM ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Unit Kegiatan Mahasiswa Enstin. Kegiatan ini menjadi seebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Outputnya adalah semakin banyak mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember yang mengikuti lomba-lomba penulisan ilmiah seperti pimnas.(satar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *