Menurut Keputusan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) III Forum Wilayah (Forwil) VII Mahasiswa Mesin, dan berdasarkan ketentuan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember yang berisi tentang agenda tahunan kegiatan Study Excursie yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa mesin terhadap gambaran dunia kerja ke depan.

Pemberangkatan Peserta Study Excursie dimulai pada tanggal 23 Oktober 2018 pukul 21.00 WIB dari Universitas Jember dengan jumlah peserta sebanyak 119 mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin angkatan 2017, 4 mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Mesin dan 2 orang Dosen pendamping. Tujuan awal pemberangkatan yaitu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah III. Namun sebelumnya, peserta pada pukul 00.30 WIB tanggal 24 Oktober 2018 berhenti terlebih dahulu di Ketapang Banyuwangi untuk menyebrang ke Bali dengan menaiki sebuah kapal feri. Setelah sampainya di Gilimanuk Bali, peserta meneruskan perjalanan ke BMKG wil.III tersebut. Sebelum sampai disana para peserta SE 2018 berhenti di rumah makan Kertalangu pada pukul 08.30  untuk sarapan pagi. Kemudian perjalanan dilanjutkan dan sampailah peserta SE2018 di BMKG wil.III sekitar pukul 10.30 WIB. Sesampainya disana, karena pada saat itu juga pemimpin dari BMKG wil.III tidak dapat hadir karena ada kunjungan di tempat lain, para peserta langsung disambut oleh petugas yang telah mendapatkan perintah dari atasan untuk menyambut peserta kemudian disuruh masuk ke suatu ruangan yang telah dipersiapkan untuk pemaparan materi terkait sejarah, macam-macam, cara kerja, dan waktu penggunaan alat-alat yang ada di BMKG. Setelahnya itu pesertapun diajak berkeliling dan mengetahui berbagai hal mulai dari proses awal dan penggunaan dari alat-alat yang telah dipaparkan sebelumnya, kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cindera mata dari pihak Himpunan Mahasiswa Mesin kepada pihak perusahaan..

Setelah selesai pada pukul sekitar 12.30 WITA para peserta meninggalkan tempat dan kemudian menuju ke PT. Indonesia Power Unit Pembangkit Bali dan tiba disana pada pukul 13.30 WITA. Sesampainya disana para peserta isoma terlebih dahulu sampai pukul 14.00 WITA. Setelahnya itu para peserta pun menuju ke sebuah gedung yang mana disana telah disambut oleh pemateri dari PT. Indonesia Power Unit Pembangkit Bali. Sayang beribu sayang disana tidak dapat melihat secara langsung proses pembuatan listriknya, dikarnakan dari jumlah peserta yang banyak ditakutkan dapat mengganggu para pekerja dalam bekerja, sehingga disana peserta hanya diberi materi tentang sejarah, proses dan juga pengalaman dari para supervisor di PT tersebut. Kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cindera mata dari pihak Himpunan Mahasiswa Mesin kepada pihak perusahaan pada pukul 15.30 WITA.

Berakhirnya kunjungan di PT. Indonesia Power Unit Pembangkit Bali, perjalanan dilanjutkan ke sebuah departemen store Krisna. Disana para peserta dimanjakan dengan barang-barang, pernak-pernik, dan makanan khas Bali yang berkualitas dan juga murah tentunya. Setelah pukul menunjukan 16.30 WITA, perjalananpun dilanjutkan lagi menuju tempat penginapan hotel Amaris. Sesampainya disana pada pukul 17.00 WITA, para peserta pun menuju ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Keesokan harinya perjalanan dimulai pada pukul 07.30 WITA berangkat dari hotel Amaris  menuju ke PT. Coca-cola Amatil Indonesia yang berada di daerah Jln. Nangka No.196, Tonja, Denpasar Utara, Bali. Sesampainya disana pada pukul 09.30 WITA para peserta disambut oleh pemateri dari PT. Coca-cola Amatil Indonesia. Disana para peserta masuk ke sebuah ruangan untuk dipaparkan sebuah materi tentang sejarah dan proses-proses dalam pembuatan berbagai produk minuman yang ada disana. Setelah itu, para peserta dibagi menjadi 2 kelompok untuk kemudian diajak berkeliling bersama masing-masing pendamping dari PT. Coca-cola Amatil Indonesia untuk di kasih tahu tentang proses-proses yang ada disana. Kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cindera mata dari pihak Himpunan Mahasiswa Mesin kepada pihak perusahaan pukul menunjukkan 12.30 WITA.

Setelahnya dari PT. Coca-cola Amatil Indonesia peserta SE2018 melanjutkan perjalannya ke danau Bedugul. Namun sebelum ke danau Bedugul, para peserta SE2018 berhenti terlebih dahulu di pusat oleh-oleh JOGER untuk membeli oleh-oleh yang mana untuk keluarga yang ada di rumah. Kemudian perjalanpun dilanjutkan ke rumah makan saras.

Pukul menunjukkan 15.00 WITA para peserta melanjutkan perjalannya ke danau Bedugul. Dengan pemandangan, bangunan dan juga ornamen-ornamen corak khasnya Bali, membuat mata ini terasa terhipnotis akan keindahannya. Disini para peserta melampiaskan semua rasa jenuhnya di masa-masa perkuliahan dengan berfoto-foto dengan perasaan riang dan ceria. Pada pukul 16.30 perjalanpun di lanjutkan hingga menuju kembali ke Universitas Jember. Namun sebelum sampai di Universitas Jember para peserta SE2018 berhenti terlebih dahulu di sebuah rumah makan Kertalangu di Bali. Setelah itu perjalannpun dilanjutkan dan sesampainya pada pukul 01.30 WIB tanggal 25 Oktober 2018 para peserta SE2018 pulang ke rumah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *