Kegiatan Sipil Peduli Lingkungan (SPL) diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Universitas Jember pada tanggal 1 Mei 2019 yang bertepatan dengan salah satu hari libur nasional. Kegiatan ini bertempat di halaman Fakultas Teknik Universitas Jember dan dimulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB. Peserta kegiatan sebanyak  201 orang, yang merupakan mahasiswa penempuh mata kuliah Ilmu Lingkungan dan juga Mahasiswa Teknik Lingkungan.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai wujud pengabdian dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan kampus khususnya Fakultas Teknik yang terkumpul dalam mahasiswa penempuh matakuliah Ilmu Lingkungan. Fungsi dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa cinta pada kampus dan juga lingkunganya yang sekarang sudah mulai luntur di kalangan mahasiswa.

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta kemudian dilanjutkan kegiatan pemanasan yaitu senam pagi yang dipimpin oleh perwakilan mahasiswa per angkatan. Selanjutnya ada sambutan dari perwakilan dosen mata kuliah Ilmu Lingkungan , Ibu Dr. Yeni Dhokhikah , S.T., M.T., dan sedikit pengarahan dari penanggung jawab acara.Setelah sambutan dan pengarahan, dilaksanakan kegiatan inti yaitu kegiatan menanam, menyiram dan memupuk tanaman serta pembersihan halaman parkir Fakultas Teknik Universitas Jember.

Acara ini diakhiri dengan kegiatan konservasi yaitu dengan memasang poster ajakan untuk mencintai lingkungan di sekitar Fakultas Teknik. Diharapkan dengan memasang poster ajakan ini dapat memberi kesadaran diri bagi mahasiswa Fakultas Teknik agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga menciptakan Fakultas Teknik yang bersih,nyaman, dan indah dipandang oleh semua kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *