Pages Navigation Menu

Faculty of Engineering - University of Jember

SISTEM (Seminar Nasional Teknik Mesin) 2016

slide-sistemSISTEM (Seminar Nasional Teknik Mesin) merupakan seminar nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Teknik Mesin Universitas Jember, di tahun 2016 merupakan penjajakan pertama seminar nasional ini.  SISTEM akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 November 2016 bertempat di Auditorium Fakultas Teknik untuk pemateri umumnya dan di Gedung B Lt.3 untuk sesi paralel (presentasi pemakalah).

     Panitia penyelenggara SISTEM mengatakan persiapan SISTEM sejauh ini sudah 70% “Tinggal beberapa persiapan teknis saja, untuk masalah perizinzn tempat dan publikasi teman-teman panitia telah berusaha semaksimal mungkin”ucap salah satu panitia. Sejauh ini pemakalah yang telah mengirim abstrak untuk SISTEM berjumlah 27 abstrak, dimana 23 diantaranya merupkan abstrak dari luar Universitas Jember, sekertaris SISTEM Bpk. Skriptyan, S.T.,M.T. mengatakan “Target kami untuk SISTEM pertama ini dapat mencapai 75 abstrak”.

    Demi mensukseskan acara SISTEM pertama ini mahasiswa Teknik Mesin Universitas Jember yang telah memiliki data skripsi diwajibkan menjadi pemakalah, dengan tujuan agar alumni Teknik Mesin Universitas Jember memiliki pengetahuan bagaimana atmosfir ketika menjadi pemakalah seminar nasional dan presentasi dihadapan dosen dan akademisi perguruan tinggi lain. Tercatat 23 abstrak yang masuk berasal dari berbagai perguruan tinggi, beberapa abstrak terjauh berasal dari Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, Balikpapan, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Malang.

     Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras panitia dan juga para tenaga akademisi Fakultas Teknik khususnya jurusan Teknik Mesin dalam mempublikasikan SISTEM. Tema yang diusung SISTEM adalah “Alih Teknologi Untuk Kemandirian Bangsa” dengan 10 sub tema di dalamnya, keynote speaker yang diundang oleh panitia beraswal dari akademisi dan praktisi, kordinator panitia dari pihak mahasiswa mengatakan “kami berharap dengan mengundang keynote speaker dari dua ranah berbeda yaitu akademisi dan praktisi, dapat mengisi baik dari segi teoritis maupun pengaplikasioannya di lapang”.  Bagi peserta non pemakalah, HTM yang dipasang panitia sangat murah yaitu Rp. 50.000,00 untuk Mahasiswa dan Rp. 75.000,00 untuk Umum.

 

2 Comments

  1. sekarang sudah dipagi hari terakhir penerimaan abstrak telah mencapai 52 abstrak yang ikut prosiding SISTEM min….Alhamdulillah

    • Mantap acara SISTEM ini … Sukses buat acaranya, mudah-mudahan lancar jaya, pokok e Teknik joss!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *