Seminar Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah salah satu bentuk upaya untuk memberi bekal pengetahuan dan sharing pengalaman kepada umum dan mahasiswa teknik khususnya yang akan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan biaya gratis di dalam negeri maupun luar negeri. Acara seminar ini merupakan acara seminar beasiswa pertama yang diadakan oleh Fakultas Teknik khususnya penyelenggara yaitu BEM-Fakultas Teknik Universitas Jember yang sifat acaranya umum.

Seminar Beasiswa LPDP bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi namun terkendala beberaa hal sepeti masalsah ekonomi dan sejenisnya. Dengan adanya seminar ini diharapkan peserta seminar mampu menyaring informasi dan pengalaman pemateri dengan baik sehingga banyak mahasiswa yang bisa menyiapkan diri dan tidak menghawatirkan keadaan ketika ingin melanjutkan strudinya baik di dalam maupun luar negeri.

Acara ini berlangsung satu hari yaitu pada hari Sabtu tanggal 12 Mei 2017 yang bertempat di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Dalam seminar ini menghadirkan tiga pemateri yang berasal dari organisasi penerima Beasiswa LPDP cabang Malang antara lain Atika Mustaghfiroh penerima Program Beasiswa Pendidikan Indonesia Dalam Negeri yang sedang menempuh pendidikan S2 Pendidikan Bahasa Arab di UIN Malang, Anjar Putro Utomo penerima Program Beasiswa Pendidikan Indonesia Luar Negeri yang sedang menempuh pendidikan S2 Science Education di Horishima University, dan Ilmiyah penerima Beasiswa BUDI Dalam Negeri yang sedang menempuh pendidikan S3 Ilmu Administrasi di Universitas Jember. Acara ini berlangsung dengan dua macam sesi yaitu sesi penyampaian materi yang berisikan informasi, pengalaman, trik dan tips mengenai beasiswa LPDP dan sesi pertanyaan yang dibuka dua kali dan setiap satu kali sesi terdapat tiga penanya.

Melalui Seminar Beasiswa LPDP ini peserta seminar diharapkan mampu mengambil banyak manfaat dan informasi terutama mengenai Beasiswa LPDP yang memberi jalan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dengan biaya gratis. Sehingga semakin banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa ini dan menumbuhkan semangat juang mahasiswa yang inginmeraih kesuksesan di masa depan tanpa melupakan negerinya.

Sebagai panitia yang telah menyelengarakan acara ini mengharap kepada para peserta untuk dapat menyerap segala informasi ini dengan baik. Panitia juga berharap semoga apa yang telah peserta peroleh dari Seminar Beasiswa LPDP tersebut dapat bemanfaat dalam diri peserta dan dapat diaplikasikan untuk masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *