Pages Navigation Menu

Faculty of Engineering - University of Jember

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat ekonomi calon mahasiswa, serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. [1] Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2017 ini secara nasional terdapat dua jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yakni SNMPTN dan SBMPTN. Kedua jalur tersebut dapat diikuti oleh calon mahasiswa sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan. Informasi lebih lanjut serta pendaftaran dapat diakses di http://snmptn.ac.id untuk SNMPTN, serta https://sbmptn.ac.id untuk SBMPTN.

Selain jalur seleksi nasional, terdapat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se-Besuki Raya atau biasa dikenal SBMPTBR, yaitu jalur seleksi tertulis yang diselenggarakan berkat kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di se-Besuki Raya.

Universitas Jember, sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi A oleh BAN-PT, menerima calon-calon mahasiswa dari berbagai daerah melalui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut dengan jadwal sebagai berikut [2] :

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Fakultas Teknik merupakan salah satu Fakultas yang berada di Universitas Jember. Memiliki tiga jurusan dengan berbagai program studi yaitu S2 Teknik Mesin, S2 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil, D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Mesin, serta D3 Teknik Sipil. Tahun ini, Fakultas Teknik Universitas Jember memiliki program studi baru yaitu S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) serta S1 Teknik Kimia. Untuk penerimaan program studi baru ini dibuka hingga 23 Juni 2017 pada seleksi SBMPTBR (s1).

Untuk informasi lengkap mengenai SBMPTBR Tahun Akademik 2017/2018 dapat diakses di halaman : Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru SBMPTBR Tahun Akademik 2017/2018.