Kesempatan terbaik bagi kamu lulusan SMA, SMK, MA atau yang sederajat jika tertarik dengan ilmu bumi, boleh mempertimbangkan untuk masuk jurusan teknik perminyakan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Jember. Banyak yang tergiur untuk memilih jurusan ini karena prospeknya yang cerah.

Masih banyak juga Lulusan SMA SMK, MA atau yang sederajat yang masih ragu untuk mengambil jurusan teknik perminyakan, karena pertimbangan persediaan minyak di dunia sudah menipis. Akan tetapi sebenarnya ini pemikiran yang kurang tepat. Karena justru dengan persediaan yang semakin menipis malah dibutuhkan lebih banyak sarjana teknik perminyakan untuk mencari sumber daya minyak.

Fakultas Teknik Universitas Jember telah resmi membuka Program Studi Perminyakan dan pertambangan sesuai surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor : 1059/KPT/I/2018 tanggal 27 Nopember 2018 dan

Seperti apa sih perkuliahan jurusan teknik perminyakan di Fakultas Teknik Universitas Jember ? Yuk simak lebih lanjut…

Apa itu teknik perminyakan?

Program Studi Teknik perminyakan mempelajari cara mencari sumber minyak dan gas di bawah permukaan bumi untuk diadakan eksplorasi dan menemukan minyak dan gas dan Ahli teknik perminyakan berperan besar di dunia ini. Mereka menjaga persediaan energi tetap ada sehingga rumah kita tetap hangat, manusia dapat memasak, kendaraan dapat berjalan, dan pabrik dapat berproduksi.

Apa yang dipelajari di jurusan teknik perminyakan?

Kurikulum sarjana teknik perminyakan mempelajari matematika, kimia dan fisika. Selain itu juga ada kelas bahasa dan ekonomi di luar topik-topik khusus teknik perminyakan.

Mahasiswa juga akan belajar mata kuliah teknik dasar sebelum melanjutkan ke mata kuliah yang lebih khusus, misalnya geologi, pengeboran, penyimpanan minyak, alur cairan, produksi minyak, dan analisa cadangan minyak.

Selain pembelajaran di kelas, mahasiswa teknik perminyakan juga mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium seperti praktikum analisa inti batuan, analisa fluida reservoir, analisa lumpur pemboran, penilaian formasi, analisa semen pemboran, peragaan pemboran, peragaan produksi, uji sumur, dan sebagainya.

Komputer sangatlah berperan dalam industri ini. Mahasiswa akan belajar untuk menguasai segala perangkat lunak dan keras yang akan membantu pekerjaan mereka. Baik itu untuk mengumpulkan data di lapangan, menganalisa data dan lain sebagainya.

Prospek kerja lulusan jurusan teknik perminyakan

Beberapa ini adalah profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan teknik perminyakan:

Ahli Geologi

Ahli geologi mencari minyak mentah dan gas alam dengan mempelajari formasi batuan dan potongan dari situs pengeboran. Mereka dapat menganalisis data dari survei geologi, peta lapangan, dan studi seismik untuk membantu mengidentifikasi sumber.

Ahli Geofisika

Ahli geofisika mempelajari komposisi eksternal dan internal bumi. Mereka meneliti tanah dan air di permukaan, atmosfer, serta medan magnet dan gravitasi. Mereka menggabungkan prinsip-prinsip matematika, fisika, dan kimia, kemudian dibantu oleh  komputer tiga dimensi untuk mencari cadangan minyak dan gas.

Dan masih banyak keahlian-keahlian lainnya yang berhubungan dengan teknik perminyakan (satar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *