Pada hari Sabtu, tanggal 20 Oktober 2018, jam 07.00 WIB dilaksanakan acara pembukaan PROAKSI ( Program Orientasi dan Produktivitas Teknik Mesin ) Tahun 2018 secara formal yang diikuti oleh Mahasiswa Baru Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Konstruksi Perkapalan serta Panitia yang bertugas. PROAKSI merupakan kegiatan yang dilaksanakan dibawah komando HMM ( Himpunan Mahasiswa Mesin ) dalam rangka penyambutan mahasiswa baru dan Orientasi mahasiswa baru jurusan Teknik Mesin 2018. Pembukaan acara dilaksanakan di gedung B Fakultas Teknik Universitas Jember dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin yaitu Bapak Hary Arbiantara.

Acara PROAKSI dilaksanakan selama 2 Hari yaitu tanggal 20 dan 28 Oktober 2018. Pada hari pertama dilaksanakan  beberapa kegiatan yang bertempat di Auditorium fakultas Teknik, adapun kegiatannya yaitu diantaranya pemaparan Pofil jurusan Teknik Mesin, Profil HMM, Atitude Seorang Mahasiswa, profil KBMMJB, dan Kepedulian, serta dilaksanakan forum diskusi yang dipegang langsung oleh beberapa panitia PROAKSI. Kegiatan tersebut dilaksanakan agar memberikan gambaran tentang jurusan yang mereka tempuh saat ini dan kehidupan di dalamnya, serta diharapkan untuk mahasiswa baru dapat mengetahui apa tujuan mereka kedepannya.

Pada acara kedua yaitu tanggal 28 Oktober 2018, dilaksanakan pula beberapa kegiatan yaitu Pengenalan club-club yang ada di Teknik Mesin, diantaranya ialah pengenalan Tim MES ( Mechanical Engineering Software ), Tim METIC ( Mechanical Jurnalistic ), Tim AEROMODELING, Tim ROKET, dan MORIT ( Mobil Irit ). Kegiatan pengenalan tersebut dilakukan untuk memberikan pandangan tentang club-club dalam upaya pengembangan skill Mahasiswa Teknik Mesin, dan diharapakan bagi mahasiswa baru untuk dapat memahami skill dalam diri mereka yang kemudian dapat dikembangkan melalui club-club yang ada.

 

Setelah terlaksananya semua agenda kegiatan PROAKSI 2018, maka ditutuplah dengan upacara penutupan PROAKSI 2018 pada jam 15.00 tanggal 28 Oktober 2018 yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia. PROAKSI 2018 adalah hal penting bagi mereka yang mengikutinya, karena acara inilah yang memberikan mereka arti awal sebuah SOLIDARITAS, dan diharapkan output dari diadakannya PROAKSI 2018 menjadikan mereka mahasiswa yang COK ( Cerdas, Optimis, Kreatif ) dan berjiwa SOLIDARITAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *