Aplikasi SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang oleh arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer dan profesi terkait. Aplikasi ini dirancang karena lebih mudah digunakan dibandingkan program CAD 3D. Pada tanggal 21 April 2018, telah diadakan pelatihan Sketch Up untuk mahasiswa jurusan Teknik Sipil. Pelatihan ini diadakan di Ruang 21 dan 22 Gedung Kuliah B Lantai 3 Fakultas Teknik, Universitas Jember. Tujuan adanya pelatihan ini adalah memberikan wawasan tentang dasar – dasar perencanaan desain 3D baik itu bangunan maupun struktur yang lain..

Pelatihan ini dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB hingga 12.30 WIB dan diikuti oleh  kurang lebih 60 peserta dari mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2015, 2016 dan 2017. Kegiatan ini dibagi dalam dua kelas. Kelas pertama diisi oleh pemateri Hari Subagio, dengan materi yang dipelajari yaitu teknik penggambaran dasar bangunan rumah 3D sedangkan pada kelas kedua diisi oleh pemateri Amir Abdullah dan kelas ini dikhususkan untuk mahasiswa yang tergabung dalam team KJI & KBGI 2018 sehingga materi yang difokuskan adalah terkait dengan KJI dan KBGI seperti desain jembatan dan bangunan. Terlihat bahwa peserta antusias dalam mengikutinya karena dapat memberikan soft skill baru dengan adanya pelatihan Sketch Up ini.

Acara terakhir yaitu pemberian vandel oleh ketua panitia, Ilga Adytia Ramadhan kepada kedua pemateri yaitu Hari Subagio dan Amir Abdulah sebagai bentuk penghargaan ucapan terima kasih karena telah menjadi pemateri dalam pelatihan Sketch Up ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *