Sabtu (27/05/2018), UKM Paduan Suara Mahasiswa (Harmony Choir)  Fakultas Teknik mengadakan Pelatihan Seminar Vokal dengan tema “Choral Clinic To Make Harmony”, bertempat di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Dasar terlaksannya kegiatan ini adalah hasil dari rapat harian internal PSM Teknik dan merupakan bentuk  keinginan untuk menambah ilmu dibidang padaun suara.

Acara ini mempunyai dua sesi, yang pertama adalah sesi aktif dimana peserta satu tim padauan suara menyanyikan dua lagu dan setelah itu dievaluasi oleh pemateri. Sesi yang kedua adalah sesi pasif dimana peserta hanya mendengarkan evalusi dari peserta aktif. Diakhir evaluasi dibuka pertanyaan untuk umum baik dari peserta aktif dan perserta pasif. Lagu yang dibawakan adalah lagu bebas boleh dari pop, jaz, dan jenis musik lainnya.

Pemateri diacara ini adalah Anton Muliono Sianipar, S.T.,beliau adalah pelatih di Brawijaya Economic Choir dan juri LPSAF 2018 di Universitas Jember. Acara dimulai pukul 08.00 sampai jam 12:30 WIB, dibuka oleh dekan fakultas teknik Dr.ir.Entin Hidayah,MUM dan dihadiri oleh pembina UKM PSM Teknik dan Wadek 3 Fakultas Teknik. Setalah sambutan, dilanjutkan dengan penampilan dari Fakultas Teknik selaku peserta aktif dan dievaluasi oleh pemateri selama 1 jam 30 menit.

Evaluasi dari penampilan peserta aktif lebih berpusat pada bagaimana cara memgambil nafas saat bernyanyi, mengetahui saluran pernafasan saat bernyanyi saat menggunakan nada tinggi dan nada rendah, dan belajar bagaimana cara pengucapan vocal yang benar. Paling utama yang disampaikan pak Anton adalah bagaimana singer atau penyanyi bisa menyanyikan lagu dengan nyaman dan santai, bernyanyi tanpa beban dan lepas itu hasilnya lebih baik daripada bernyanyi banyak tekanan atau bernyanyi takut salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *