Komunitas Ilmu Sipil – KIS Universitas Jember mengadakan pelatihan SAP 2000 dan SKETCHUP pada tanggal 19 November 2018, pelatihan ini dilaksanakan di LPM Bhayangkara Universitas Jember dengan peserta yaitu dari S1 Teknik Sipil Angkatan 2017.

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Riantri Hidayat dan Robit Dahnial Ilhaq. Pelatihan ini berisi pengenalan, tools, serta  kegunaan program SAP 2000 dan SKETCHUP. Pelatihan ini berguna untuk pemula yang belum mengerti dan memahami tentang apa itu SAP 2000 dan SKETCHUP.

SAP (Structural Analysis Program) adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk mendesain atau menganalisis suatu struktur bangunan atau objek. Program SAP 2000 memiliki beberapa kelebihan, terutama pada struktur beton dan struktur baja. Analisis yang dilakukan oleh program ini cukup akurat, serta analisis gambar juga diberikan. Namun tidak ada salahnya jika juga melakukan perhitungan manual.

Sedangkan Program SKETCHUP adalah program berbasis design 3 dimensi yang sering digunakan pada design arsitektur, design interior sipil, teknik mesin dan lain-lain.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk mengenalkan, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan program SAP 2000 dan program SKETCHUP demi meningkatkan kualitas akademik Teknik Sipil Universitas Jember. Diharapkan untuk kedepannya  kegiatan pelatihan ini dapat dilakukan secara bertahap dan dilaksanakan di laboratorium komputer Fakultas Teknik Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *