Arduino merupakan salah satu mikrokontroler yang sangat membantu dalam pekerjaan manusia pada bidang industri, kesehatan, maupun dalam kehidupan masyarakat. Arduino merupakan board mikrokontroller dengan menggunakaan pemrograman arduino yang sangt mudah untuk dipelajari untuk kaum awam, bukan hanya digunakan pada bidang industri atau kesehatan arduino biasanya digunakan mahasiswa untuk melakukan project seperti membuat sensor suhu, sensor ketinggian banjir dan banyak lainnya. bahasa yang digunakan pada arduino mirip dengan bahasa pemrograman C dan C++.

 

Kegiatan Pelatihan Pemrograman Arduino ini dilaksanakan di Gedung B Ruang 23 dan 25 Fakultas Teknik. Di tempat kegiatan ini akan diadakan  kegiatan  pelatihan tentang membuat program Arduino  ini  sangat  penting untuk dipelajari bagi mahasiswa khususnya teknik elektro. Sehingga dengan adanya pelatihan ini bisa mengasah kemampuan dan bakat mahasiswa tentang pemrograman dan  mengenal  lebih jauh  tentang pemrograman dan arduino itu sendiri, sehingga kemampuan tentang elektronika semakin luas.  Harapannya peserta dapat lebih memahami tentang bahasa pemrogaman arduino yang merupakan salah satu bahasa pemrogaman yang sedang banyak dipakai. Dan diharapkan dapat membantu meringankan peserta dalam pembuatan alat maupun tugas besar dan tugas akhir

Pelatihan pemrogaman Arduino diselenggarakan oleh komunitas ELCO (Electronics Community) Himpunan Mahasiswa Elektro pada tanggal 28-29 April 2018 yang bertempat di Gedung B lantai 3 ruang 23 dan 25. Acara tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yaitu pada tanggal 28 April 2018 berlangsung pukul 07.00-13.30 untuk sesi 1 dan pada tanggal 29 April 2018 berlangsung pukul 07.00-13.30 untuk sesi 2. Adapun kuota peserta yang hadir sebanyak 52 orang, yang dihadiri oleh mahasiswa Teknik Elektro, MIPA Fisika, MIPA Kimia Universitas Jember, jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer POLIJE, dan dari Universitas terbuka dari berbagai angkatan. Untuk pemateri dari pelatihan pemrogaman Arduino adalah dari dosen Teknik elektro Universitas Jember yaitu Bapak Ali Rizal Chaidir S.T.,MT yang sangat berkompeten dalam bidang elektronika.

Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk mengenalkan, meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan tentang pemrogaman Arduino. Sasaran dari pelatihan ini adalah mahasiswa universitas jember  dan sekitarnya khususnya jurusan Teknik elektro. Fungsi dari Arduino adalah untuk merancang prototipe peralatan elektronik interaktif sehingga memudahkan penggunaan rekayasa elektronik untuk diaplikasikan pada berbagai bidang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *