Aeromodelling UNEJ adalah sebuah club riset tentang kedirgantaraan di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Jember. Club ini mengikuti 2 event bergengsi yaitu: Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI)  yang dilaksanakan oleh DIKTI dan Brawijaya Copter Competition (BCC)  yang dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya. Untuk Menunjang keberasilan lomba maka club ini melakukan berbagai macam riset maupun pelatihan salah satunya yaitu pelatihan electronic yang dilaksanakan pada 25 Maret 2018.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan anggota baru tentang komponen apa saja yang digunakan suatu wahana. Selain itu, diharapkan dapat memilih komponen elektrikal yang tepat sesuai dengan fungsi, tujuan wahana,  meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada wahana ketika berada di udara, dan untuk mengetahui apakah motor dan propeller yang digunakan dapat menghasilkan thrust yang cukup untuk menerbangkan wahana dengan efisien.

Yang diperlukan pada pengujian thrust, yaitu :

  1. Motor 2200 kV
  2. Propeller, dengan ukuran :
    > 7x5E> 7×3,8
  3. ESC ( Electronic Speed Control ) 40A
  4. Receiver
  5. Transmitter
  6. DWM ( Digital Watt Meter )
  7. Baterai
    > 11,1 V 2200 mAh
    > 11,1 V 3300 mAh
  8. Timbangan digital

Langka-langka dalam proses pengujian, yaitu :

  • Merangkai semua komponen electronic.
  • Memasang dudukan pada motor kemudian diletakkan pada timbangan degital (pakai double tape).
  • Menyalakan transmitter
  • Menyambungkan baterai pada komponen elektrikal. Setelah elektrikal siap maka lakukan full throtle/gas selama 30 detik. Perhatikan angka timbangan, itulah statik yang dihasilkan oleh motor dengan pasangan propeller dan baterai.
  • Jika selesai, lepas baterai dari rangkaian. Catat semua data yang ada, angka pada timbangan maupun data pada DWM. Untuk data yang diambil dalam pengujian ini antara lain Arus, Watt, Vmin, Ampere hours (Ah) dan Watt hours (Wh), dan dapat di lihat pada gambar berikut Proses Pengujian Thrust.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *