Kegiatan Pelatihan Desain dan Perancangan ini akan dilaksanakan di Laboratorium Elektronika dan Terapan, Patrang Fakultas Teknik Universitas Jember. Pada kegiatan pelatihan ini diajarkan tentang bagaimana cara membuat desain dan perancangan power supply. Kegiatan ini  sangat penting untuk dipelajari bagi mahasiswa khususnya teknik elektro karena dengan adanya pelatihan ini bisa mengasah kemampuan dan bakat mahasiswa tentang bagaimana cara mendesain dan merancang rangkaian power supply, mulai dari bentuk rangkaian skematik hingga pcb,  Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat lebih memahami tentang cara membuat dan merancang rangkaian power supply. Dan diharapkan dapat membantu meringankan peserta dalam pembuatan alat maupun tugas besar dan tugas akhir.

Pelatihan pemrogaman Arduino diselenggarakan oleh komunitas ELCO (Electronics Community) Himpunan Mahasiswa Elektro pada tanggal 15-16 September 2018 yang bertempat di Laboratorium Elektronika dan Terapan, Patrang Fakultas Teknik Universitas Jember. Acara tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yaitu pada tanggal 15 September 2018 berlangsung pukul 07.00-14.00 WIB untuk sesi 1 dan pada tanggal 16 September 2018 berlangsung pukul 07.00-14.00 untuk sesi 2. Adapun Jumlah peserta yang hadir sebanyak 38 mahasiswa, yang dihadiri oleh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember dari angkatan 2017 dan 2016 . Untuk pemateri dari pelatihan Desain dan Perancangan adalah dari Mahasiswa Teknik elektro Universitas Jember dari angkatan 15 yaitu Turasno dan Abdul Kharis Ismail yang sangat berkompeten dalam bidang mendesain dan merancang Power Supply. Kegiatan ini diawali dengan mendesain rangkaian power supply pada aplikasi Eagle dalam bentuk rangkaian skematik, kemudian merubah nya menjadi rangkaian PCB, lalu mencetak rangkaian PCB dan kemudian merangkai rangkaian power supply hingga bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk mengenalkan, meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan tentang desain dan perancangan power supply. Sasaran dari pelatihan ini adalah mahasiswa universitas jember  dan sekitarnya khususnya jurusan Teknik elektro. Fungsi dari power supply adalah sebagai alat yang mampu memberikan suplay arus listrik kepada semua komponen, dimana arus yang dihasilkan adalah arus AC dan selanjutnya akan dirubah menjadi arus DC.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *