Robotika teknik Universitas Jember merupakan Unit kegiatan mahasiswa yang berada dibawah naungan fakultas teknik universitas jember yang menjembatani minat dan bakat mahasiswa teknik universitas jember dalam bidang robotika. Pelatihan Desain dan Perancangan Driver Motor merupakan kegiatan yang diselengggarakan oleh UKM Robotika Fakultas Teknik Universitas Jember dimana kegiatan ini khusus ditujukan untuk anggota aktif UKM robotika, yang merupakan kegiatan pelatihan rutin yang digunakan untuk memberi bekal kepada anggota robotika baru. Kegiatan ini dilakukan di LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) Universitas Jember.

Dalam Pelatihan Desain dan Perancangan Driver motor ini peserta mempelajari beberapa aspek dalam elektrikal, yaitu belajar mengenai membuat skematic, sablon skematic pada PCB, etching PCB, dan menyolder komponen. Pada aspek pertama yaitu membuat skematic yang biasanya menggunakan software PCB express dan eagle, pertama yaitu membuat desain yang jalurnya sudah sesuai dengan data sheet pada komponen-komponen yang digunakan. Kemudian sablon PCB biasanya menggunkan setrika. Lalu meng- etching PCB dengan larutan kimia yaitu HCL, H2O2, dan air. Terakhir yaitu menyolder komponen pada PCB. Berikut adalah komponen yang digunakan untuk membuat driver motor mosfet 9540, mosfet 540, Transistor BD139, resistor dan diode

Yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018 tempat LPM. Dengan melaksanakan kegiatan ini diharapkan anggota bisa menguasai dan memahami tengang driver motor dan bisa mengaplikasikan pada robot. Difokuskan kepada anggota, karena dalam jangka waktu satu tahun ke depan mereka (anggota) yang akan membawa nama baik UKM Robotika Teknik Universitas Jember.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *