Pelatihan Futsal merupakan salah satu program kerja dari UKMO Ester (Engineering Sport Center) dimana pelatihan tersebut terbuka untuk seluruh mahasiswa fakultas teknik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga futsal. Pelatihan futsal ini dilakukan pada tanggal 24 April 2018 di Lapangan Zona Futsal yang bertujuan untuk meningkatkan skill permainan  basket mahasiswa fakultas teknik dan meningkatkan kerjasama dan taktik dalam bermain secara kolektif. (24/4)

Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang paling diminati oleh mahasiswa teknik.

Pelatihan basket diadakan di Lapangan Elpashindo oleh divisi cabang olahraga futsal UKM-O Ester yang diikuti beberapa pemain dari berbagai jurusan di fakultas teknik tentunya yaitu; Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, PWK, dan Teknik Kimia.

Sebelum melakukan pelatihan, kita harus menyiapkan segala perlengkapannya terlebih dahulu. Perlengkapan yang harus dipersiapkan pemain dalam bermain futsal :

  1. Lapangan futsal memang berbeda dengan lapangan sepak bola biasa. Lapangan futsal terdapat jaring-jaring di atas dan di samping-sampingnya, yang berfungsi agar bola tidak keluar jauh dari lapangan. Bentuk lantai lapangan terdapat banyak jenis dan bentuk yang berbeda-beda.
  2. Sepatu Futsal. Dalam sebuah pertandingan, bermain dengan memakai sepatu itu hal yang wajib. Bertujuan untuk melindungi kaki dari keplintir ataupun copotnya kuku, atau yang lainnya
  3. Kaos Kaki Futsal. Di dalam pertandingan futsal, pemain diwajibkan memakai kaos kaki. Dengan memakai kaos kaki akan mencegah lecetnya kaki yang bisa menyebabkan infeksi.

  4. Dekker dipakai oleh pemain futsal, untuk melindungi tulang kaki kering. untuk mencegah patahnya atau cedera kaki.
  5. Seragam futsal, meliputi kaos dan celana futsal . Sebaiknya gunakan pakaian yang ringan, dan cukup besar. Model pakaian seperti ini membuat kita bisa bergerak dengan leluasa.
  6. Setelah perlengkapan latihan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan gerakan pemanasan. Pemanasan sangat penting kamu lakukan sebelum berlatih atau bertanding. Pemanasan bertujuan untuk melemaskan otot yang tegang dan menghindari cedera dengan cara:

    1. Berlari. Berlari dengan ritme yang teratur dan tidak terlalu kencang, disarankan melakukan sprint atau dash setiap beberapa meter agar jantung menjadi terpacu dan tidak kaget disaat bermain.
    2. Senam. Melakukan senam dengan cara menggerakan bagian tubuh dari kepala hingga kaki yang bertujuan membuat otot dan sendi-sendi menjadi rileks dan lentur agar terhindar dari cedera otot maupun sendi yang serius.
    3. Pendinginan. Melakukan pendenginan dengan cara berhenti bergerak sejenak dengan maksud menurunkan suhu tubuh yang tinggi setelah pemanasan agar tubuh kembali pada kondisi prima dan siap untuk bertanding.
    4. Pernafasan. Disarankan bernafas dengan benar dan teratur setelah melakukan pemanasan dengan tujuan membuat otot rileks dan menurunkan detak jantung ke ritme normal.

    Pelatihan ini dilaksanakan untuk persiapan tim futsal teknik di ajang atau turnamen yang akan diikuti seperti; REKTOR Cup, dll.

    “Selain meningkatkan skill bermain tim futsal, dengan pelatihan rutin ini kita juga bisa menyehatkan badan.” Ujar salah satu pemain tim futsal teknik, Amrulloh dari Teknik Sipil 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *