Pelatihan Bulu Tangkis merupakan salah satu program kerja dari UKMO Ester (Engineering Sport Center) dimana pelatihan tersebut terbuka untuk seluruh mahasiswa fakultas teknik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga bulu tangkis. Pelatihan bulu tangkis ini dilakukan pada tanggal 26 april 2018 di GOR Cendrawasih Jember  yang bertujuan untuk meningkatkan skill permainan  bulu tangkis mahasiswa fakultas teknik dan meningkatkan kerjasama dan taktik dalam bermain secara kolektif. (26/4)

Tim bulu tangkis Teknik terdiri dari tim bulu tangkis Ganda Putra dan tim bulu tangkis Ganda Campuran.

Pelatihan bulu tangkis diadakan di Aula SMA 3 Muhammadiyah oleh divisi cabang olahraga bulu tangkis UKM-O Ester yang diikuti beberapa pemain dari berbagai jurusan di fakultas teknik tentunya yaitu; Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, PWK, dan Teknik Kimia.

Sebelum melakukan pelatihan, kita harus menyiapkan segala perlengkapannya terlebih dahulu. Perlengkapan yang harus dipersiapkan pemain dalam bermain bulu tangkis :

  1. Net, Dengan adanya net tentu untuk pelambungan kok tidak bisa sembarangan dan harus lebih tinggi dari net supaya tidak tersangkut atau bermasalah selama bermain.

2. Kok/Shuttlecock, perlengkapan vital dari bulu tangkis

3. Raket, Raket bulu tangkis tentu juga merupakan perlengkapan vital dalam permainan olahraga ini karena berperan sebagai pemukul shuttlecock

4. Sepatu,berguna untuk menghindari cedera, pakailah sepatu khusus untuk bulu tangkis dengan sol yang kuat dan terbukti tak licin.

5. Baju dan Celana, Untuk permainan bulu tangkis, baju dan celana tak perlu harus memakai yang khusus, namun bagi para atlet yang mengikuti pertandingan baju dan celana perlu khusus. Biasanya dalam hal ini pun pemain akan mengenakan baju serta celana yang terbuat dari bahan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dikenakan selama pertandingan.

Setelah perlengkapan latihan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan gerakan pemanasan. Pemanasan sangat penting kamu lakukan sebelum berlatih atau bertanding. Tujuanya adalah menghindarkan Kamu dari cedera. Selain itu, dengan melakukan pemanasan, tubuhmu menjadi lentur sehingga depat melakukan smash dengan tepat.

Pemanasan akan berguna untuk memanaskan opot-otot dalam tubuh, maka dengan demikian aktivitas berat yang akan kita lakukan selanjutnya akan lebih mudah. Pemanasan yang berlangsung selama 15 menit ini sangat penting dan jangan sekali-sekali dilupakan, untuk meningkatkan kesiapan, kekuatan serta kecepatan yang mengoptimalkan permainan bulu tangkis. Berikut pemanasan bulu tangkis untuk menghindari cidera:

  • Sebelum bermain

Lakukan pemanasan sebelum bermain untuk menghindari cedera. Pemanasan secukupnya selama 15 menit mulai dari meregangkan otot dengan berlari-lari kecil atau melangkahkan kaki. Cukup pemanasan sederhana dengan melibatkan pergerakan seluruh tubuh seperti kaki, tumit, tangan, jari, lengan, pergelangan tangan hingga pinggang. Dengan pemanasan yang cukup, otot akan lebih siap dan meminimalisisr cidera saat bermain bulu tangkis. Setelah selesai melakukan pemanasan, Anda bisa mulai bertanding.

  • Setelah bermain

Selesai bermain bulu tangkis, tetap lakukan peregangan atau stretching untuk meregangkan otot. Stretching setelah bermain tetaplah penting untuk dilakukan. Caranya, regangkan kaki dengan duduk di lantai dengan posisi kaki yang lurus, sejajar dengan lantai. Lemaskan otot, terutama bagian kaki sambil memijat-mijat kekcil bagian paha dan betis. Sebaliknya jangan duduk bersila setelah bermainn atau menekuk kaki sebab dapat menghambat pembuluh darah setelah beraktivitas. Jika Anda salah posisi, hal itu akan menyebabkan kram.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk persiapan tim bulu tangkis ganda putra maupun campuran di ajang atau turnamen yang akan diikuti seperti; Rektor Cup, Fisip Cup, dll.

“Dengan pelatihan bulu tangkis ini, kami bisa melatih strategi, kelincahan dan kecepatan kami saat bermain bulu tangkis.” – Evita, salah satu pemain bulu tangkis ganda campuran dari Teknik Sipil 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *