Pelatihan Basket merupakan salah satu program kerja dari UKMO Ester (Engineering Sport Center) dimana pelatihan tersebut terbuka untuk seluruh mahasiswa fakultas teknik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga basket. Pelatihan basket ini bertujuan untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang/ring lawan. Mengapa? Karena, tim yang mengumpulkan poin terbanyak keluar sebagai pemenangnya. Teknik yang digunakan untuk memasukkan bola ke dalam ring adalah ‘SHOOTING’. Selain itu Pelatihan ini juga sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi mahasiswa teknik melalui cabang olahraga basket.

“Latihan rutin dapat meningkatkan taktik bermain kami dan meningkatkan chemistry dalam tim serta meningkatkan kerjasama untuk pertandingan yang akan datang. Intinya pelatihan ini membuat kami selalu belajar untuk terus menjadi lebih baik” – Fiqih, Teknik Mesin 18.

Basket yang terdiri dari tim basket Putra dan tim basket Putri ini merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat diminati oleh mahasiswa teknik.

Pelatihan basket diadakan oleh pengurus UKM Olahraga yang diikuti beberapa pemain dari berbagai jurusan yaitu; Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, PWK, dan Teknik Kimia, Teknik Perkapalan, Teknik Lingkungan dibentuk menjadi dua tim atau lebih.

Latihan basket ini sangat rutin dilaksanakan yaitu setiap hari selasa pukul 21.00 bertempat di lapangan basket PKM Universitas Jember.

Bukan hanya tentang meningkatkan kemampuan dari masing-masing pemain, namun latihan ini dilaksanakan guna mencari dan menyaring pemain-pemain baru untuk regenerasi tim basket fakultas teknik kedepannya.

Latihan ini juga bertujuan  mempersiapkan tim untuk mengikuti event-event turnamen basket. Event yang sering diikuti oleh tim basket Fakultas teknik contohnya adalah PORMA, SISFO, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *