Pelatihan Basket merupakan salah satu program kerja dari UKMO Ester (Engineering Sport Center) dimana pelatihan tersebut terbuka untuk seluruh mahasiswa fakultas teknik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga basket. Pelatihan basket ini dilakukan pada tanggal 24 april 2018 di Lapangan PKM Unej yang bertujuan untuk meningkatkan skill permainan  basket mahasiswa fakultas teknik dan meningkatkan kerjasama dan taktik dalam bermain secara kolektif. (24/4)

Basket yang terdiri dari tim basket Putra dan tim basket Putri ini merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat diminati oleh mahasiswa teknik.

Pelatihan basket diadakan di Lapangan PKM Unej oleh divisi cabang olahraga basket UKM-O Ester yang diikuti beberapa pemain dari berbagai jurusan di fakultas teknik tentunya yaitu; Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, PWK, dan Teknik Kimia.

Sebelum melakukan pelatihan, kita harus menyiapkan segala perlengkapannya terlebih dahulu. Perlengkapan yang harus dipersiapkan pemain dalam bermain bola basket :

1. Seragam basket, meliputi kaos dan celana basket . Sebaiknya gunakan pakaian yang ringan, cukup besar, dan tanpa lengan. Model pakaian seperti ini membuat kita bisa bergerak dengan leluasa.

2. Sepatu, yang digunakan sebaiknya tinggi pada bagian atasnya. Tujuannya adalah untuk memperkuat pergelangan kakimu.

Setelah perlengkapan latihan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan gerakan pemanasan. Pemanasan sangat penting kamu lakukan sebelum berlatih atau bertanding. Tujuanya adalah menghindarkan Kamu dari cedera. Selain itu, dengan melakukan pemanasan, tubuhmu menjadi lentur sehingga depat melakukan shooting dengan tepat.

Latihan pemanasan seperti berlari kecil, mengubah arah dan langkah, seprint pendek, dan meluncur bertahan selama 5 menit diikuti peregangan yang rutin, baik secara fisik maupun mental menyiapkan diri untuk melakukan kegiatan bola basket. Persiapan tubuh untuk permainan bola basket umumnya terdiri dari tiga fase  : pemanasan awal 5 menit untuk meningkatkan denyut jantung, peregangan, dan latihan pemanasan bola basket.

Pilihlah salah satu dari beberapa jenis latihan berikut :
a. Latihan kecil dari base line ke base line dan kembali, lakukan palin sedikit tiga putaran.

Lari setengah lapangan, ubah kecepatan seperti pada lari kecil dan dilanjutkan kembali ke base line yang berlawanan. Kembali dengan cara yang sama.

  1. Change of Pace. Lari dari base line ke base line dengan paling tidak tiga kali perubahan kecepatan dari sprint – lari kecil – seprint. Kembali dengan cara yg sama.
  2. Change of Derection. Lari dari base line ke base line dengan mengubah arah. Mulai dari posisi menyerang dengan kaki kiri menyentuh titik temu antara base line dan lane line di sisi kiri. Larilah secara diagonal pada sudut 45 derajat terhadap lane line di sisi kanan. Buat sudut 90 derajat perubahan arah dari kanan ke kiri, dan lari diagonal ke lane line semua di sebelah kiri. Buat perubahan arah 90 derajat dari kiri ke kanan. Lanjutkan dengan mengubah arah pada tipe lane line semu sewaktu melanjutkan ke base line yang berlawanan. Kembali dengan cara yang sama.
  3. One-Two Stops. Lari ke arah berlawanan dari base line membuat empat kali one-two stops ketika mulai. Bergantilah kaki yang di pakai mendarat pertama kali pada setiap one-two stop. Mendarat dengan kaki kiri pada perhentian yang pertama, lalu dengan kaki kanan pada perhentian berikutnya. Kembali dengan cara yang sama.
  4. Zig-zag. Gunakan langkah mundur bertahan untuk bergerak diaginal ke belakang hingga kaki belakang menyentuh side line / base line terdekat. Cepat melangkah dengan kaki depan dan gunakan langkah mundur untuk bergerak diagonal ke belakang hingga kaki belakang menyentuh perpanjangan semu dari line line atau side line ketika mendekati base line yang berlawanan arah. Kembali dengan cara yang sama.

Setelah melakukan pemanasan maka pemain bisa melakukan gerakan gerakan yang lebih bebas dan tidak akan menyebabkan peregangan otot atau meminimalisir terjadinya cidera. Setelah fase ini, pelatih menyampaikan taktik dan strategi dalam permainan yang kolektif. Berikut ini merupakan taktik pertahanan dalam bola basket.

1, Taktik Pertahanan Permainan Bola Basket

Taktik pertahanan adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalam rangka menghalau serangan lawan. Unsur-unsur pelaksanaan pola pertahanan terdiri atas sikap jaga dan olah kaki.

Sikap jaga dilakukan dengan menekukkan kedua lutut, badan sedikit condong ke depan dengan punggung hampir lurus. Awasi selalu gerak lawan dan bola. Kemudian, berdirilah sedikit pada ujung-ujung kaki dan selalu menjaga keseimbangan. Setelah itu, rentangkan dan angkat tangan untuk menghalangi operan dan pandangan tembakan lawan.

Sementara itu, olah kaki dapat dilakukan dengan cara bergeraklah dengan cara-cara pendekatan, menggeser dan langkah mundur tanpa ada langkah silang. Kemudian, jaga jarak sebaik-baiknya dengan posisi jaga mengingat syarat-syarat jaga yang umum maupun khusus. Ambillah jarak lebih cepat selangkah dalam mengikuti penggiring. Rapatkan dan cegahlah lawan yang jelas-jelas akan menembak bola atau baru saja selesai menggiring bola.

Selain itu, jangan meloncat sebelum jelas pemain meloncat lebih dahulu. Untuk menghindari tipuan, pandanglah pinggang lawan. Hadang dan tutuplah jalan pemotong yang menuju ke daerah basket.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk persiapan tim basket teknik putra maupun putri di ajang atau turnamen yang akan diikuti seperti; SISFO Cup, VCOM Unair, BGC, PORMA, PORMABA dll.

“Dengan pelatihan ini, kami bisa meningkatkan taktik bermain kami serta meningkatkan kerjasama untuk pertandingan yang akan datang.” – Afriq, salah satu pemian basket dari Teknik Sipil 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *