Alat ukur listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur besaran – besaran listrik yang mengalir seperti hambatan listrik (R), Kuat Arus listrik (I),  Beda Potensial listrik (V), Daya listrik (P), dan lainnya. Terdapat dua jenis alat ukur yang digunakan yaitu alat ukur analog dan alat ukur digital. Dalam dunia teknik elektro alat ukur listrik sangat berguna baik dalam kelangsungan praktikum, perkuliahan, maupun dalam dunia kerja. Sehingga mahasiswa ataupun pekerja proyek yang bekerja di bagian kelistrikan diwajibkan untuk mengetahui cara kerja alat ukur listrik yang ada. Seperti multimeter avometer, thermometer dan banyak lainnya.

 

Pada tanggal 20 serta 21 oktober 2018, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember mengadakan pelatihan alat ukur listrik dimana target peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah dari mahasiswa baru teknik elektro yang mayoritas dari mereka merupakan lulusan dari sekolah berbasi SMA dimana tidak ada praktek tentang alat ukur sehingga mereka dapat mengetahui fungsi dan cara kerja dari alat ukur meskipun mayoritasnya berasal dari SMA.

Pelatihan yang dilaksanakan secara dua hari dan terdapat lima laboratorium yang menjadi tempat peserta untuk belajar diantaranya yaitu Laboratorium Listrik Dasar, Laboratorium Elektronika Terapan, Laboratorium Konversi Energi Listrik, Laboratorium Sistem Tenaga, dan yang terakhir yaitu Laboratorium Sistem Kendali dimana tiap lab yang menjelaskan tentang alat ukur terdapat alat ukur yang di materikan seperti avo meter, watt meter, osiloskop, tang meter, lux meter, thermometer, KWH meter dan banyak lainnya.

Pelatihan ini berjalan dengan sangat lancar dengan target yang memuaskan dan ketika evaluasi di penghujung acara peserta paham serta dapat mengaplikasikan alat ukur yang telah di pelajari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *