Mechanical Oto Contest (MOC) merupakan kontes yang diadakan untuk para pecinta modifikasi motor. MOC kali ini diselenggarakan bersama dengan diesnatalis Teknik Mesin UNEJ atau dapat dikatakan MOC ikut serta memeriahkan acar Aksi Mesin Unej 2019. Mechamical Oto Contest diadakan di Gedung Soetardjo pada tanggal 20-21 April 2019. Pada tanggal 20 malam hingga tanggal 22 pukul 08.00 pagi merupakan loading contest dari Mechanical Oto Contest.

Mechanical Oto Contest (MOC) tidak hanya diikuti disekitaran daerah Jawa Timur saja, melainkan dari Jawa Tengah, dan juga yang paling jauh ada yang dari Jawa Barat. MOC pada kontes kali ini dibagi menjadi 12 Kelas yang akan di perlombakan dan diikuti oleh 138 peserta. 12 kelas dan 138 peserta tersebut yaitu kelas Decal 3D yang diikuti sebanyak 10 peserta, Kelas Decal Print yang diikuti sebanyak 10 Peserta, Street Racing Open yang diikuti sebanyak 10 peserta, Kelas Classic Fashion yang diikuti sebanyak 10 peserta, Kelas Retro Kustom Open yang diikuti sebanyak 10 peserta, Kelas Pro Street Racing yang diikuti sebanyak 10 peserta, Kelas Novice Street Racing yang diikuti sebanyak 15 peserta, Kelas Herex Style yang diikuti sebanyak 15 peserta, Kelas Baby Mothai yang diikuti sebanyak 10 peserta, Kelas Novice Pure Thailook yang diikuti 15 peserta, Kelas Lokal Plat P Rookies yang diikuti 18 Peserta, dan yang terakhir Kelas Lokal Plat P Pro yang diikuti 15 Peserta. Dari sembilan kelas yang di perlombakan Novice Street Racing, Novice Pure Thailook, dan Kelas Lokal Plat P Rookies yang paling banyak diminati oleh para peserta.

Mechanical Oto Contest memperebutkan beberapa hadiah diantaranya juara 1,2,3 mendapatkan hadiah Trophy, Sertifikat dan sejumlah uang, juara 4,5 mendapatkan hadiah Trophy dan Sertifikat. Selain 12 kelas diatas juga terdapat 16 The Best Nomine diantaranya The Best Hottest Innovation, The Best Customade Accesories, The Best Killer Colour Efect, The Best Rookie Modify Lokal P, The Best Vintage Bike, The Best Innovation, The Best Simpliest Bike Concept, The Best Frontalic Custom Engine Look, The Best Frontalic Under Carriage, The Best Detailing Effect, The Best Theme Lokal P, The Best Brand New Trend Modify, The Best Collest Accesories, The Best Uniquelly Modify Style, Dare To Be Different, The Best NDUT’S Pallet Pick. Dan ada juga The Best King, terdapat 2 kategori yaitu The King Of Mechanical Oto Contest 2019 dan The King Of Lokal Plat P.

Sajian lain dari MOC pada kali ini yang juga menjadi perhatian yaitu Battle Of Hypercrea Season #18 antara “BoomSpeed” Situbondo versus ADR1 “SpeedShop” Salatiga. Kedua motor ini menjadi pusat perhatian yang sangat ramai dilihat oleh parapengunjung bahkan para peserta juga mengabadikan kedua motor ini dengan mengambil gambar dengan kamera atau handphone pribadinya, mereka sangat mengagumi kedua motor ini karena terlihat sangat mewah dan elegan.

Mechanical Oto Contest merupakan acara yang bergengsi bagi para pecinta modifikasi, sehingga saat acara berlangsung semua peserta yang ikut berpartisipasi memastikan sepeda motor yang ia ikutkan kontes terlihat dengan sempurna. Banyaknya peserta yang mengikuti acara tersebut membuat venue di Gedung Soetardjo Universitas Jember nampak seperti ajang pameran ratusan motor mahal yang dapat membuat mata tidak ingin lepas dari tatanan motor yang berjajar rapi.

Diakhir acara pada malam puncak peringatan Aksi Mesin Unej (AMU) para juri dari Mechanical Oto Contest membacakan para pemenang pada setiap kelas beserta dengan best nomine yang ada. Pembacaan pemenang diawali dengan pembacaan The Best Nomine kelas dalam MOC

Pembacaan yang selanjutnya yaitu pembacaan pemenang dari Battle Of Hypercrea Season #18 antara “Boomspeed” Situbondo versus ADRI “ Speedshop” Salatiga. Kedua motoryang di versuskan mendapatkan perolehan yang lumayan jauh perberbedaannya yaitu sebesar 35,72%. Dimana “ BoomSpeed” Situbondo yang memperoleh voting 67,86%, sedangkan ADR1 “SpeedShop” Salatiga mendapatkan perolehan voting sebesar 32,14%. Voting tersebut diambil dengan melibatkan penonton dan beberapa peserta. Dari data diatas dapat disimpulkan jika yang memenangkan Battle Of Hypercrea Season #18 adalah “BoomSpeed” Situbondo.

Terakhir adalah pembacaan pemenang yang sangat ditunggu oleh para peserta yang mengikuti MOC pada kali ini yaitu The King MOC 2019. Tittle The King MOC adalah tittle yang sangat bergengsi dan sangat di harapkan bagi para peserta untuk memenangkan ini. Pemenang The King Mechanical Oto Contest 2019 adalah Rifky dari Q2 Modification, dan Pemenang The King Of Local Plat P 2019 adalah Dr.Ifan dari Enggal Modified.

Mechanical Oto Contest pada tahun 2019 terselenggara dengan sangat meriah dan megah. Bayaknya peserta dan antusias dari para pengunjung menjadi bukti dari suksesnya penyelenggaraan MOC tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *