MEC 2018 yang diselenggarakan oleh jurusan Teknik Mesin Universitas Jember ini merupakan sebuah lomba mekanik tingkat SMK sederajat yang bertujuan untuk menambah skill dan kemampuan siswa dalam bidang mekanik. Acara ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu tahap penyisihan pertama, tahap semi final dan tahap final.

Pada tahap penyisihan pertama dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober 2018 di region daerah masing masing. Dari tes tahap pertama ini diambil 50 peserta yang diambil dari tiap tiap sekolah untuk diseleksi pada tahap semifinal.

Setelah melewati proses seleksi tahap satu kini peserta yang lolos kemudian dapat melanjutkan ke seleksi tahap berikutnya yaitu tahap kedua. Pada seleksi tahap kedua ini peserta yang dapat berpartisipasi merupakan peserta yang lolos dari penjaringan seleksi tahap satu dimana peserta seleksi tahap dua ini berjumlah sebanyak 50 peserta dari sebelumnya yang berjumlah 239 peserta yang merupakan dari seluruh region yang sebelumnya diseleksi yaitu se-besuki raya.

Pada seleksi tahap kedua ini ujian dilaksanakanan pada tanggal 27 Oktober 2018 bertempat di Universitas Jember. Pada tahap ini persaingan berat mulai terasa dimana seluruh peserta yang merupakan gabungan dari puluhan sekolah dari beberapa Kota dipertemukan pada satu tempat untuk kemudian “dituntut” untuk saling mengalahkan antara satu dengan yang lainnya agar dapat melenggang ke tahap berikutnya yaitu tahap Final.

Pada pukul 7:30 WIB para peserta sudah mulai berdatangan ke lokasi ujian yang pada tepatnya berada di gedung kuliah B Fakultas Teknik Universitas Jember dan mulai mempersiapkan diri untuk melanjutkan proses seleksi, dimulai dari tahap registrasi pada awal ketika peserta akan memasuki ruangan untuk ujian seleksi tahap ketiga. Para peserta yang bejumlah 50 orang dibagi menjadi pada lima tempat ruang ujian dengan harapan ujian dapat berlangsung dengan baik dan kondusif. Pada pukul 08:30 WIB ujian seleksi tahap kedua dimulai, dengan sebelumnya diantar dengan arahan dari panitia penyelenggara perihal peraturan dalam seleksi tahap ketiga seperti ujian pada umumnya. Waktu ujian berlangsung 120 menit yang artinya ujian akan berakhir pada pukul 10:30 WIB.

Sampai pada pukul 10:30 WIB semua peserta sudah menyelesaikan ujian dan kemudian diperkenankan untuk meninggalkan ruang ujian untuk beristirahat sembari menunggu hasil pengumuman yang akan diumumkan pada pukul 12 siang.

Ketika pukul 12 sudah tiba para peserta yang sebelumya beristirahat dan tersebar kini kembali berkumpul untuk mendengarkan pengumuman hasil seleksi tahap ketiga kala itu. Hasil seleksi pun diumumkan dan disinilah puluhan ekspresi dari peserta muncul mulai dari yang bahagia, bangga, sedih, kecewa hingga ang biasa saja setelah disebutkan 15 nama diumumkan untuk melaju  menuju tahap berikutnya yaitu tahap Final.

Setelah melalui serangkaian babak penyisihan, akhirnya MEC 2018 sampai pada babak Final yang memperebutkan juara satu dua dan tiga. Tepatnya pada hari minggu 4 November 2018 pukul 09.00. Mechanical Engine Competition yang diadakan oleh TEKNIK MESIN UNEJ tersebut digeber mendatangkan 15 finalis yang telah lolos dari serangkaian babak penyisihan setelah sebelumnya tercatat dengan jumlah total peserta 239 dari penjuru karesidenan besuki, lumajang dan probolinggo.

Pada babak final ini persaingan sangatlah ketat mengingat sistem yang diterapkan sangatlah berbeda dari tahun sebelumnya yaitu peserta diharuskan mampu mengatasi trouble dan mampu menjelaskan unsur-unsur komponen pada sepeda motor.

  Pada babak final ini dilaksanakan dengan sistem post dengan jumlah post total sebanyak 15 post, dan pada setiap post permasalahan atau pengujian berbeda-beda. Pada post trouble ini tempatnya dipisah-pisah agar para finalis dapat mengatasi permaslahan yang ada pada sepeda motor dan finalis dituntut untuk melakukan tindakan guna memperbaiki motor yang sudah trouble tersebut, lanjut untuk post selanjutnya dihadapkan dengan pengujian dan presentasi bagian-bagian unsur penting dalam sebuah permesinan sepeda motor. Babak final berlangsung mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.30 kemudian ishoma dilanjut pukul 13.00 sampai selesai pukul 14.30.

Akhir dari babak final ini adalah pengumuman bagi para juara MEC 2018 yang langsung diwakili oleh dewan juri dari perwakilan dari UPT-Pelatihan Kerja Jember juara 1 dari SMKN 2 Probolinggo, juara 2 dari SMKN 1 Tegalsari dan Juara 3 dari SMKN 2 Jember.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *