Majalah dinding dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2019 oleh Divisi Jurnalistik Himpunan Mahasisa Sipil di Fakultas Teknik Universitas Jember, tepatnya pada Gedung B lantai 1 samping pintu belakang. Mading ini ditujukan untuk seluruh staf divisi Jurnalistik Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Jember periode 2019 dan anggota himpunan lainnya. Diadakannya kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat menyalurkan bakat dan kreatifitas mahasiswa dalam kegiatan tulis menulis baik berupa karya seni ataupun membuat laporan / berita serta desain grafis.

Majalah dinding merupakan salah satu wujud keterampilan menulis. Menurut Supriyanto (dalam Saliwangi, 1992:2) majalah dinding sangat mungkin diselenggarakan karena merupakan salah satu bentuk majalah yang sederhana dengan biaya yang murah sehingga lebih mungkin dilaksanakan di mana saja.

Mading HMS memiliki 4 bagian :

  1. Dokumentasi atau Pict.

Berguna untuk membagikan foto – foto kegiatan yang baru saja selesai dilaksanakan seperti Civil Social Care, Donor Darah, Pelatihan AutoCAD, dan lain – lain.

  1. Info

Untuk membagikan info – info lomba, pengumuman Asisten Dosen atau laboratorium untuk Tugas Besar/praktikum, pengumuman penerimaan panitia Proklamasi dan YCE, dan lain – lain.

  1. Tips – tips

Berguna membagikan nasehat sederhana seperti nasehat saat menghadapi Tugas Besar,pada bulan Ramadhan dan lain – lain.

  1. Artikel

Untuk mempublikasikan artikel yang dibuat pengurus dan warga Jurusan Teknik Sipil, yang berisi problematika masyarakat, fakultas ataupun jurusan, dan lain – lain.

Keunikan yang dimiliki mading periode ini adalah lebih menekankan peletakan isi dari Majalah Dinding agar pembaca yang melihat tertarik dengan tampilan Majalah Dinding sehingga secara tidak langsung mereka akan membaca isi dari Majalah Dinding tersebut.

Dengan adanya mading, bermacam informasi yang ada di lingkungan teknik dapat disampaikan dan bisa dilihat serta dibaca langsung karena peletakan Majalah Dinding yang sangat strategis yaitu di gedung B lantai 1 yang mana gedung tersebut merupakan gedung perkuliahan mahasiswa.

Pembaruan tema dilakukan 1 – 2 bulan sekali oleh pengurus HMS 2019 divisi Jurnalistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *