Lomba paduan suara antarfakultas adalah lomba paduan suara mahasiswa yang diikuti oleh perwakilan dari mahasiswa baru dari setiap fakultas. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari UKM Paduan Suara Mahasiswa UNEJ yang diselenggarakan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda.

Dalam lomba ini mahasiswa baru wajib menyanyikan 2 lagu wajib yaitu Hymne dan Mars UNEJ dan sebuah lagu pilihan yang disepakati bersama oleh singer dan panitia. Untuk ikut dalam perlombaan ini banyak persiapan yang dibutuhkan, antara lain latihan yang dimulai dari pertengahan semester satu sampai semester dua, kemudian pemantapan vokal dan penghayatan lagu. Ada juga pembuatan kostum dan gerakan koreo untuk penampilan disaat lagu pilihan dibawakan.

Pada kesempatan kali ini, Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Teknik membawakan lagu pilihan dari Jawa Tengah dengan judul “Jangkrik Genggong”. Butuh waktu hampir satu bulan untuk berlatih menyanyikan lagu tersebut. Bukan hal mudah untuk menyanyikan lagu tersebut dikarenakan pemecahan suara dan kami aransemen ulang. Begitupula dengan lagu Hymne dan Mars UNEJ, yang mungkin untuk mahasiswa lain hanya sekedar mengenal dan hafal, namun bagi singer menyanyikan dua lagu wajib tersebut membutuhkan penghayatan dan harus mengerti bagaimana cara membawakan lagu-lagu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *