Lomba Maket Nasional merupakan salah satu lomba yang diadakan dalama serangkaian acara Green Building Innovation Contest 2018 oleh Fakultas Teknik Sipil Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Ajang ini merupakan ajang lomba desain maket bertingkat nasional yang diikuti oleh seluruh universitas atau intstitut di seluruh Indonesia. Dalam lomba ini bertujuan kepada mahasiswa untuk membuat inovasi atau penyelesaian terkait masalah desain dan penerapan green building. Lomba ini merupakan lomba oleh tim yang beranggotakan maksimal 3 mahasiswa jurusan teknik sipil.

Tahapan dari perlombaan ini adalah dengan mengirimkan proposal dan nantinya akan diseleksi oleh panitia. Proposal yang lolos seleksi diharuskan mengirim desain dalam bentuk soft file, kemudian diseleksi kembali. Sehingga terpilih 6 tim dari seluruh Indonesia, salah satunya adalah Tim SATRIA LOGAWA dari Universitas Jember.

Tim SATRIA LOGAWA beranggotakan tiga mahasiswa Universitas Jember Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil yaitu Robit Dahnial Ilhaq selaku ketua tim, dan dua anggota lainnya adalah Adelia Adyb Rahayu serta Gusti Kinanti yang merupakan mahasiswa angkatan 2016 dan 2017. Pokok permasalahan yang diambil oleh tim Satria Logawa adalah permasalahan penggabungan desain modern building yang terlalu monoton dan tidak memiliki nilai dengan cultural building (tradisional) yang memiliki nilai sejarah dan filosofi tinggi dan berasal dari Nusantara.

Serangkaian tahap final dilaksanakan di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Presentasi dilakukan secara terbuka. Tanggal 17 Maret 2018 merupakan acara seminar nasional serta dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari semua cabang lomba pada kegiatan Green Building Innovation Contest. Acara ini dilaksanakan di Audiorium Universitas Islam Sultan Agung. Tim SATRIA LOGAWA meraih juara harapan 2 dalam Lomba Maket Nasional ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *