Latihan Yudisium, kegiatan edukatif bagi PSM Teknik yang dapat digunakan sebagai sarana memberikan wawasan mengenai olah vokal, teknik bernyanyi paduan suara, dan meningkatkan kualitas bernyanyi setiap anggota paduan suara.

Yudisium sendiri adalah sebuah proses akademik, yaitu berupa pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil. Penetapan nilai dalam transkrip akademik yang ditetapkan oleh pejabat berwenang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium.

Dalam Latihan Yudisium, PSM Fakultas Teknik kerap menyanyikan empat lagu wajib, yaitu Hymne Universitas Jember, dinyanyikan di awal acara saat Birokrat Fakultas Teknik memasuki Auditorium Fakultas Teknik, lalu diikuti lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama dengan peserta yudisium dan birokrat, kemudian hampir di penghujung acara para singer menyanyikan lagu Terima Kasihku dengan tempo Adanthe. Pada akhir acara, para singer akan menyanyikan lagu Mars Universitas Jember mengiringi para birokrat keluar meninggalkan Ruang Auditorium.

Karenanya, empat lagu yang telah tersebut wajib singer PSM teknik nyanyikan pada Latihan Yudisium. Bukan hanya itu, lagu pilihan untuk mengisi jeda antara pengumuman jurusan satu dengan lainnya juga menjadi hal yang sangat penting. Dan lagu pilihan yang dinyanyikan selalu berbeda tiap periodenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *