Kuliah tamu merupakan kegiatan yang sangat lumrah bagi dosen serta mahasiswa, dimana kuliah tamu itu sendiri yaitu kuliah dengan mengundang orang-orang berpengalaman pada bidangnya, pada kuliah tamu kali ini Himpunan Mahasiswa Elektro mengundang pakar di bidang telkom yaitu Bapak Syaiful Asmawan mahasiswa alumni jurusan teknik elektro di Institut Teknologi Sepuluh nopember pada tahun 1991-1994. Dimana sekrang teknologi sedang gencar gencarnya membuat banyak inovasi baru terkait perkambangan teknologi yang sangat berkembang, maka himpunan mahasiswa elektro memiliki konsep agar bibit elektro dapat berkembang di dalam kampus dan menciptakan inovasi baru yang lebih maju.

Kuliah tamu kali ini bertempat di gedung B fakultas teknik universitas Jember pada tanggal 15 mei 2018, tak sedikit mahasiswa yang antusias dengan kuliah tamu tersebut. Bahkan ruang yang digunakan hampir tidak memenuhi kapasistas ruangan. Selain mahasiswa teknik elektro, tak luput pula dosen teknik elektro juga antusias menghadiri kuliah tamu tersebut dikarenakan cakupan materi yang dibawakan pada kuliah tamu kali ini sangatlah menarik yaitu tentang perkembangan Internet Of Things (IOT) Dalam dunia industri serta jaringan internet 5G yang nantinya akan masuk di Indonesia pada era 2020.

5G atau 5 Generation sendiri merupakan jaringan yang sudah di perkenalkan oleh telekomunikasi asal tiongkok yaitu ZTE dimana keunggulan dari 5G sendiri yaitu jumlah koneksi yang lebih cepat, dan lebih stabil selain itu kapasitas akan menjadi lebih besar yaitu 1000 kali lebih besar selain 5G materi yang dibawakan yaitu seputar IOT atau Internet Of Things yang akan berkembangang dalam dunia industri dan juga hal ini akan sangat membantu dunia industri seperti monitoring serta analisis, perkembangan IoT di Indonesia masih sangat kurang dikarenakan pengunaan frekuensi yang berbeda serta kebijakan mengenai perangkat dari IoT itu sendiri, tetapi dari segi manfaatnya IoT sendiriĀ  memiliki keunggulan baik penggunaan umum ataupun bisnis dan untuk di Indonesia sendiri sudah diadakan pengembangan sejak 3 tahun terakhir. Dan bapak syaiful asmawan sendiri yakin bahwa mahasiswa teknik elektro Universitas Jember dapat membawa dunia pertelekomunikasian dapat lebih maju dari yang sekarang, untuk itu beliau memberikan banyak dukungan dengan memberi ilmu yang bermanfaat bagi mahasiswa teknik elektro Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *